Pesta Gol di Alaves, Barca Pimpin Klasemen

Barcelona tampil cemerlang dan meraih kemenangan telak 6-0 (2-0) di kandang Deportivo Alaves dalam partai La Liga pekan ke-22, Sabtu (11/2). Berkat kemenangan di Stadion Mendizorroza tersebut, Barca untuk sementara memimpin klasemen La Liga menggeser Real Madrid.
Kini Barcelona unggul dua poin atas Madrid.Namun Barca sudah memainkan 21 laga sementara Real Madrid baru 19. Real Madrid sendiri baru akan bermain sekitar tiga jam setelah laga Alaves vs Barca.
Ini juga merupakan pertarungan dua tim yang akan bertemu di final Piala Raja, Mei mendatang. Barcelona melaju ke partai pamungkas setelah menghentikan Atletico Madrid sementara Alaves menundukkan Celta Vigo.
Untuk meraih poin maksimal pelatih Barca, Luis Enrique menurunkan kekuatan terbaiknya termasuk trio maut di lini depan: Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.
Suarez nyaris mencetak gol pada menit ke-24. Berawal dari aksi Messi merangsek ke kotak penalti namun kemudian diganjal. Bola kemudian diteruskan Rakitic kepada Suarez. Sayang, striker Uruguay ini berhasil diredam Alexis.
Dua menit berikutnya Alaves yang mendapat peluang. Theo Hernandez merangsek dari sisi kanan lalu melancarkan tendangan keras ke gawang. Beruntung bagi Barca karena kiper Marc-Andre ter Stegen mampu meredamnya.
Meski mendominasi penguasaan bola, Barca jarang melepaskan tendangan ke gawang. Namun pada menit ke-37, Suarez mampu memecah kebuntuan dan membawa timnya unggul 1-0.
Gol berawal dari aksi Vidal di sisi kiri. Melihat Suarez di depannya dia pun mengirimkan bola kepada mantan penyerang Liverpool itu. Suarez pun tak menyia-nyiakan peluang dan menaklukkan kiper Fernando Pacheco.
Barca hanya butuh tiga menit untuk menambah keunggulan, kali ini melalui aksi Neymar. Messi mengawali proses gol ini dengan mengirim bola ke tiang jauh. Pacheco berusaha menyapu bola namun mengenai Suarez dan mengarah ke Neymar. Tanpa ampun pemain Brasil ini melesakkan bola ke gawang.
Memasuki babak kedua, serangan terus dilancarkan Barcelona. Upaya ini membuahkan hasil dengan menambah empat gol.
Messi membawa timnya unggul 3-0 saat pertandingan memasuki menit ke-60. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Alaves, penyerang Argentina ini berhasil mencuri bola dariVigaray. Dia lalu bergerak ke kiri dan melancarkan tendangan rendah yang melewati kaki Pacheco sebelum melesak ke gawang.
Tiga gol Barcelona lainnya dilesakkan Ivan Rakitic pada menit ke-61, gol bunuh diri Alexis (63), serta Luis Suarez yang mencetak gol keduanya pada menit ke-68. Skor 6-0 tak berubah hingga pertandingan usai.
Susunan pemain:
Alaves (4-2-3-1): 1. Fernando Pacheco; 22. Carlos Vigaray, 4. Alexis, 5. Victor Laguardia, 15. Theo Hernandez (3. Raul Garcia 86); 6. Marcos Llorente, 16. Daniel Torres; 25. Aleksandar Katai (10. Oscar Romero 56), 23. Nenad Krsticic (21. Kiko Femenia 46), 7. Ruben Pozuelo; 9. Christian Santos
Barcelona (4-3-3): 1. Marc-Andre ter Stegen; 22. Aleix Vidal, 23. Samuel Umtiti (18. Jordi Alba 65), 24. Jeremy Mathieu, 19. Lucas Digne; 4. Ivan Rakitic, 5. Sergio Busquets (8. Andres Iniesta 63), 21. Andre Gomes (20. Sergi Roberto 71); 10. Lionel Messi, 9. Luis Suarez, 11. Neymar

Jaja Suteja/JAS
Sportinglife

sports-okezone.com 4d singapore Sumber: BeritaSatu