Indonesia Melawan Kutukan, Thailand Hadapi Tekanan

Peluang ini terbuka setelah Boaz Salossa dan kawan-kawan mengantongi modal kemenangan 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat.
Meski menang, bukan berarti tugas menjadi mudah. Tim Garuda harus melakoni laga kedua di kandang Thailand, Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12) malam WIB. Thailand, tim paling sukses di ASEAN bertekad untuk memenangi gelar kelima Piala AFF untuk sang raja dan negara mereka.
Ini akan menjadi laga sulit buat kami sebab kami akan menghadapi tim terbaik di ASEAN, ujar Riedl dalam jumpa pers jelang laga.
Kami adalah tim underdog di pertandingan ini. Itu sudah pasti, sehingga tidak akan ada tekanan pada kami, terutama ketika tidak ada yang memberi kami kesempatan untuk sampai sejauh ini. Tetapi pemain sudah luar biasa. Bermain di final bukan sebagai favorit bagus buat kami, lanjut Riedl.
Namun pengalaman dua kali bertemu Thailand menjadi modal berharga buat pelatih Alfred Riedl. Patut dicatat, Indonesia adalah satu-satunya tim di Piala AFF yang berhasil merobek jala Thailand.
Untuk laga nanti malam, Indonesia tidak akan diperkuat gelandang energik, Andik Vermansyah yang mengalai cedera. Di leg pertama, peran Andik dan Boaz sangat penting dan sering kali merepotkan pertahanan Thailand.
Sementara itu, dari kubu Thailand diuntungkan dengan bermain di depan publik sendiri dan tentu saja kesiapan semua pemainnya. Pelatih Kiatisuk Senamuang berharap besar pada striker Teerasil Dangda, gelandang Chanathip Songkrasin, dan Sarawut.
Thailand harus bisa menang sedikitnya 1-0 di leg kedua nanti untuk bisa mempertahankan gelar juaranya.
Target besok adalah menang dan memberikan Thailand gelar kelima di ASEAN, ujar Kiatisuk.
Indonesia memberikan kesulitan di leg pertama tetapi saya yakin pemain sudah mempersiapkan diri dengan baik menghadapi leg kedua. Kami harus melupakan yang lalu dan bermain di laga nanti untuk menang, tambahnya.
Kiatisuk menyatakan laga final kedua nanti akan berbeda, karena mereka akan bermain di depan pendukungnya sendiri.
Kami sudah melupakan leg pertama dan sekarang menatap leg kedua. Kami akan bermain di kandang sendiri yang tentunya akan berbeda pastinya, ujarnya.
Kekalahan di leg pertama memaksa Thailand akan berusaha bermain seagresif mungkin di laga nanti. Kemungkinan besar mereka akan kembali menerapkan strategi operan-operan pendek yang cepat, seperti yang pernah membuat barisan pertahanan Indonesia kewalahan dalam laga pembuka turnamen bulan lalu.
Perkiraan Susunan Pemain:
Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Fachruddin, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Bayu Pradana, Manahati Lestusen; Zulham Zamrun, Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa.
Thailand (3–5-2): Kawin Thamsatchanan; Adison Promrak, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Tristan Do, Sarach Yooyen, Pokklaw Anan, Tanaboon Kesarat, Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda, Sarawut Masuk.

Iman Rahman Cahyadi/CAH
Channel Sports Asia

sports-okezone.com 4d singapore Sumber: BeritaSatu