Maulwi Saelan, Legenda Sepakbola Indonesia Meninggal Dunia

30 WIB di Rumah Sakit Pertamina, Jakarta. Mantan kiper andalan Timnas Indonesia yang juga eks Ketua Umum PSSI ini wafat pada usia 90 tahun setelah menderita komplikasi gangguan jantung, ginjal, dan paru-paru. Sepakbola Indonesia berduka untuk Maulwi Saelan.
Kami sempat bawa bapak pulang (Maulwi Saela) ke rumah karena kesehatannya sudah membaik. Tapi seminggu kemudian, kondisinya menurun dan masuk ICU, ungkap Asha Saelan, putra keempat sang legenda, beberapa waktu lalu.
Ditambahkan oleh Asha Saelan, almarhum ayahnya adalah sosok yang menyenangkan dan selalu ceria serta terus mengikuti perkembangan sepakbola nasional. Bahkan, dalam kondisi sakit, ia terus memperhatikan sepakbola Indonesia.

Dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan, tanggal 8 Agustus 1926, Maulwi Saelan merupakan salah satu kiper legendaris yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Salah satu penampilan terbaiknya adalah ketika ia sukses menahan gempuran para pemain Rusia di Olimpiade Melbourne 1956 dan membuat Timnas Indonesia mampu memaksakan hasil imbang 0-0.
Maulwi Saelan juga turut mengantarkan Timnas Indonesia menembus jajaran 4 besar Asian Games 1954 dan meraih medali perunggu di Asian Games 1958. Ia juga menjadi Ketua Umum PSSI periode 1964-1967.
Selain aktif di kancah sepakbola, Maulwi Saelan juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan, pendiri Taman Siswa di Makassar, sekaligus pernah menjadi salah satu pengawal pribadi Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno.

sports-okezone.com daftar sbobet Sumber: Sidomi