Misi La Roja Hentikan Ronaldo

Cristiano Ronaldo akan jadi ancaman terbesar Chile saat menghadapi Portugal. Pelatih Chile Juan Antonio Pizzi sudah punya rencana untuk menetralkan Ronaldo.

Chile, juara Amerika Selatan, akan menantang juara Eropa Portugal, dalam laga semifinal yang digelar di Kazan Arena, Kamis (29/6/2017) dinihari WIB. Kedua tim hanya sekali bertemu di era sepakbola modern yang berakhir dengan skor 1-1 dalam laga ujicoba pada Maret 2011 silam.

Di turnamen ini, Ronaldo menjadi salah satu topskorer sementara dengan dua gol bersama Lars Stindl dan Timo Werner (Jerman).

Pizzi percaya Ronaldo akan bermain bagus apabila didukung dengan performa apik rekan-rekan setimnya. Para pemain Chile cukup paham untuk mengatasi permainan bintang sepakbola Real Madrid itu.

“Ronaldo adalah bagian dari tim dan tentu saja kami harus memperhatikan dia dan menandingi kekuatannya. Dia punya banyak. Tapi kami tidak akan melakukan apapun yang khusus, sungguh, hanya yang biasa kami lakukan setiap kami bertanding,” ungkap Pizzi, yang dikutip Soccer Way.

“Salah satu hal yang kami unggulkan adalah rencana permainan kami, menggunakan setiap pemain. Kami adalah sebuah tim dan itu adalah soal usaha kolektif dari 11 pemain di atas lapangan. Satu-satunya cara agar kami sukses adalah kalau setiap pemain memberikan kemampuan terbaik mereka.”

“Portugal harus bermain sebagai tim juga, sekalipun mereka punya pemain seperti Ronaldo. Dia butuh rekan-rekan untuk mengembangkan gaya dan permainan dia. Kami selalu menganalisa setiap lawan kami jadi kami sudah menganalisa Portugal sebagai satu tim. Kami perlu tahu bagaimana skill Ronaldo, tapi saya pikir kita semua suda tahu. Itu sudah ditunjukkanya selama 10 atau 12 tahun. Dia mungkin akan mendapatkan Ballon d’Or kelimanya,” lanjut Pizzi.

“Dia punya skill individu yang sempurna: dia bisa mencetak gol, dia cepat, punya semangat yang kuat. Kami harus menandingi semua itu semampu kami. Seperti misalnya, kami akan mencoba menghentikan mereka di udara, di mana area itu mereka kuat. Kami akan mencoba menghentikan tekel-tekel yang bisa menciptakan situasi yang berisiko untuk tim kami. Kami akan mencoba mengurangi ruang gerak dia,” simpul dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *