Lagi, Indonesia Masuk Bursa Calon Tuan Rumah Piala Dunia

Jika Indonesia pernah disebut masuk bursa calon tuan rumah Piala Dunia 2022, sekarang rumor itu kembali berembus. Setelah pertemuan para anggota AFF (Federasi Sepakbola Asia Tenggara), Indonesia dikabarkan bakal kembali masuk bursa calon tuan rumah Piala Dunia 2034.

Kabar Indonesia jadi calon tuan rumah Piala Dunia, diungkap langsung oleh Plt Sekjen PSSI, Joko Driyono. Dikatakan Joko, pembahasan Indonesia menjadi calon tuan rumah Piala Dunia 2034 akan dibahas dalam ajang AFF Council Meeting, September 2017.

Dalam rangkaian acara tersebut, akan ada pula AFF Awarding Night 2017. Diungkap Joko juga, Indonesia telah didaulat menjadi Consorsium Leader dari Asia Tenggara. Ini berarti, Indonesia punya peluang besar untuk presentasi program Piala Dunia.

“Indonesia akan menjadi tuan rumah AFF Council Meeting, sekaligus AFF Awarding Night pada 23 September 2017 di Nusa Dua, Bali. Di sana akan membahas isu World Cup 2034 di Indonesia. Sebab, Indonesia adalah Leader Consorsium Asia Tenggara, untuk membahas bidding World Cup 2034. Ini sudah diproses, karena final bidding akan digelar di tahun 2026,” kata Joko kepada wartawan.

“World Cup (Piala Dunia) 2034 penting untuk menetapkan impian negara-negara di Asia Tenggara. Ini juga bisa jadi percepatan peningkatan kualitas seperti sarana dan sebagainya. Apalagi untuk 2034 peserta Piala Dunia sudah dikonfirmasi akan bertambah menjadi 48 negara,” ujarnya.

Joko juga menambahkan, mengapa Indonesia akan berjuang untuk bisa merebut peluang menggelar Piala Dunia, lantaran ada kebijakan rotasi. Kebijakan ini menggilir beberapa negara dari enam konfederasi.

“Mengapa di tahun 2034? Ini mengacu kepada rotation policy (kebijakan rotasi). Sebab, jika melihat kebijakan ini, Indonesia memungkinkan di tahun 2034,” kata Joko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *