Penjelasan Ketua Umum PSSI soal Penangguhan Aturan U-23 di Liga 1

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI), Edy Rahmayadi, angkat bicara soal penangguhan aturan pemain U-23 di Liga 1.

Menurut Edy, saat dibuat, peraturan itu didasari dengan semangat untuk menjaring bibit-bibit pemain muda dalam rangka pembinaan.

Menurut dia, pemain muda perlu jam terbang di liga. Dari proses ini, pelatih dapat melihat pemain-pemain muda yang potensial.

“Tujuannya, kita menjaring pemain melalui liga,” ujar Edy Rahmayadisaat memantau pemusatan latihan timnas di Bali, Kamis (6/7/2017).

Menurut dia, terbukti, dengan penerapan aturan ini, pelatih timnas U-22 berhasil menjaring pemain dari liga. Selanjutnya, setelah pelatih menjaring pemain, aturan liga kembali normal seperti diatur dalam statuta FIFA.

Aturan wajib mencantumkan lima pemain U-23 memang bertentangan dengan statuta FIFA. Namun, pihaknya telah memberikan penjelasan penerapan aturan tersebut dan FIFA bisa memahami.

Selanjutnya, Edy mengatakan, kompetisi Liga 1 akan berjalan normal tanpa adanya peraturan soal usia. Kebijakan ini akan efektif berjalan pada putaran kedua Liga 1.

“Kalau sudah mendapatkan pemain, pembinaan tidak kembali klub, tetapi langsung oleh coach,” kata Edy.

Sebelumnya, operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), melalui surat bernomor 155/LIB/VI/2017 bertanggal 29 Juni 2017 lalu, menangguhkan sementara implementasi aturan pemain U-23 di Liga 1.

Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa alasan regulasi pemain U-23 ditangguhkan adalah PSSI mempertimbangkan beberapa hal terkait keputusan tersebut, yaitu karena tidak adanya proses seleksi untuk pemain karena skuad tim nasional untuk SEA Games 2017 dan AFC U-23 Champhionship 2018 Qualifiers telah didaftarkan ke AFC.

Dijelaskan pula bahwa aturan pemain U-23 dihapus sementara karena mempertimbangkan aspek fairness kompetisi.

Hal ini mengingat jumlah pemain yang diambil dari masing-masing klub tidak merata dan menjaga kualitas serta popularitas kompetisi akibat dipanggilnya pemain terbaik U-23 ke tim nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *