Tanpa Odemwingie, Madura United Tak Bertaji

Skenario yang dilakukan pelatih Madura United, Gomes de Olivera berbuah petaka. Pelatih asal Brasil ini baru menurunkan Peter Odemwingie di menit 57, saat menghadapi tuan rumah Pusamania Borneo FC. Sang marquee player rakus gol telat tampil, MU kalah 0-3 dan gagal ke puncak.

De Olivera harus membayar mahal keputusannya menyimpan Odemwingie pada laga ke-12 Liga 1 2017, Selasa lalu, 4 Juli 2017. Bentrok di markas Borneo FC, maksud De Olivera memberi napas sejenak kepada Odemwingie, justru jadi bumerang. Baru masuk di menit 57, ia pun tak maksimal.

Odemwingie masuk lapangan menggantikan Guntur Ariyadi, ketika Madura United sudah tertinggal 0-2 menyusul gol Flavio di menit lima dan menit 45 lewat penalti. Kadung di bawah tekanan lawan, striker lawas asal Nigeria itu tak lagi bisa menolong. Tak seperti di laga-laga sebelumnya.

Dari 10 laga tampil sebagai starter, Odemwingie mengalirkan sembilan gol. Madura United terdongkrak ke urutan dua klasemen, ia sendiri melesat ke puncak daftar top scorer. Mantan penyerang Stoke City ini menjadi marquee player terproduktif hingga Liga 1 2017 memasuki pekan ke-13. Ia pula yang sukses menyumbangkan hattrick pertama.

Saat MU melucuti Semen Padang FC 6-0 pada laga ke-11 yang diputar sebelum jeda Lebaran, Odemwingie menyumbangkan tiga gol. Pemain 35 tahun ini berkontribusi besar dalam derap gagah Laskar Sapeh Kerab menembus jalur pacu juara. Mereka kangkangi sederet klub favorit.

Berjarak satu angka saja dengan PSM Makassar yang bercokol di puncak, MU unggul selisih gol atas Persipura Jayapura dan meninggalkan klub unggulan macam Arema FC maupun Persib Bandung. Saat De Olivera lakukan percobaan dengan cara mencadangkannya, petaka mendera.

Kekalahan 0-3 dari Borneo sangatlah menyakitkan. Itu antiklimaks yang begitu menohok setelah kemenangan spektakuler 6-0 Madura United atas Semen Padang FC di Stadion Gelora Bangkalan. Makin getir karena kekalahan itu menyebabkan mereka gagal merampas takhta PSM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *