Mengukur Performa Rooney dalam 5 Musim Terakhir di MU

Wayne Rooney memutuskan untuk kembali ke Everton. Pemain yang biasa disapa Wazza itu pulang ke klub lamanya setelah 13 tahun merantau.

Selama di MU, Rooney membuat banyak torehan manis. Tak salah jika dia kini menyandang status legenda ‘Setan Merah’. Salah satu pencapaian pribadi terbaiknya adalah menjadi pencetak top scorersepanjang masa MU dengan 253 gol.

Keputusan Rooney hengkang dari MU bukan hal yang mengejutkan. Dia mulai kehilangan tempat di skuat utama dalam beberapa musim terakhir. Banyak pihak sejak awal menebak pemain 31 tahun akan mencari jalan lain untuk menyelamatkan kariernya.

Tersingkirnya Rooney dari tim inti disebabkan penurunan performanya. Dalam lima musim terakhir raihan golnya semakin seret.

Menurut OptaJoe, berikut jumlah gol yang dicetak Rooney dalam lima musim terakhir:

2012/2013: Pada 2011-2012, pemain berusia 31 tahun ini berhasil mencetak 27 gol di Premier League. Namun, di musim berikutnya, Rooney hanya mencetak 12 gol, karena ia hanya menjadi pemain pendukung bagi Robin Van Persie yang berhasil menorehkan 26 gol. Rooney juga menyumbangkan 10 assist.

2013/2014: Jumlah gol yang dicetak Rooney di musim tersebut meningkat menjadi 17 gol. Hal itu karena Van Persie yang absen hampir sepanjang musim karena cedera lutut. Di musim ini MU juga berjuang karena ditinggalkan manajernya, Sir Alex Ferguson.

2014/2015: Louis van Gaal menjadi manajer di MU untuk menggantikan posisi David Moyes. Di musim tersebut Rooney hanya mencetak 12 gol, terbanyak di klubnya.

2015/2016: Pada musim ini, MU hanya mencetak 49 gol. Rooney hanya menyumbangkan delapan gol.

2016/2017: Ini merupakan musim terakhir Rooney di Old Trafford. Ia hanya menyumbangkan lima gol. Di musim ini pula ia berhasil mengalahkan jumlah gol dari Sir Bobby Charlton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *