PSSI Bantah Klaim Naturalisasi Ilija Spasojevic

PSSI menyangkal pemberitaan yang menyatakan bahwa Ilija Spasojevic segera merampungkan proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). PSSI menegaskan bahwa pemain yang bermain di posisi penyerang itu belum mengajukan permintaan resmi untuk menjadi WNI.

Sebelumnya, saat menyaksikan langsung laga pekan ke-13 antara Persija Jakarta melawan Persipura Jayapura di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (8/7/2017) Spasojevic menyatakan dirinya ingin menjadi WNI. Proses naturalisasinya sendiri dia klaim dibantu oleh PSSI.

PSSI kemudian memberikan pernyataan resmi terkait pemberitaan yang beredar pada hari Minggu (9/7/2017) tersebut. Ada dua poin penegasan yang disampaikan oleh induk organisasi sepakbola di Tanah Air tersbeut.

Pertama, PSSI menegaskan bahwa belum ada permintaan resmi dari pria asal Montenegro itu untuk membantu proses permohonan kewarganegaraan Indonesia. Kedua, PSSI juga menyatakan pihaknya sama sekali belum pernah bertemu dengan Spasojevic untuk membahas masalah tersebut.

Penegasan tersebut ditambahkan oleh Fanny Riawan, Wakil Ketua Departemen Tim Nasional. Fanny mengungkapkan bahwa sejauh ini hanya satu orang yang proses naturalisasinya mereka bantu.

“Betul, dari Timnas bisa saya konfirmasi bahwa tidak ada permintaan tersebut. Sejauh ini proses pemain naturalisasi yang kami endorse baru Ezra Walian karena untuk memutuskan seorang pemain asing dinaturalisasi dibutuhkan analisa komprehensif terutama dari sisi kebutuhan tim nasional,” ujar Fanny.

Selain Fanny, hal senada juga diungkapkan oleh Marco Gracia Paulo, Direktur Pemain dan Alih Status PSSI. Marco mengaku belum pernah bertemu dengan penyerang berusia 29 tahun tersebut.

“Benar bahwa belum ada permintaan maupun pertemuan resmi dari PSSI dengan saudara Ilija Spasojevic terkait naturalisasi pemain yang bersangkutan.” katanya.

Spasojevic sendiri sudah memenuhi syarat untuk bisa dinaturalisasi. Dia sudah tinggal selama lima tahun berturut-turut di Indonesia, bahkan fasih berbahasa Indonesia. Dia juga memiliki istri yang merupakan WNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *