Persib Vs Persela, Djanur dan Herkis Minta Wasit Netral

Persib Bandung akan bentrok dengan Persela Lamongan pada pekan ke14 Liga 1 Indonesia, Rabu (12/7/2017) malam.

Mengingat pentingnya laga itu, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, dan pelatih Persela, Heri Kiswanto, meminta agar pertandingan itu dipimpin wasit yang netral.

Kinerja wasit Indonesia kembali menjadi sorotan. Insiden paling mencolok adalah ketika Persib Bandung kalah 13 atas tuan rumah Madura United dengan sejumlah keputusan kontroversial.

Djadjang meminta agar pengadil di laga nanti malam lebih jeli dan fair.

“Kami, Persib, tidak ingin diuntungkan oleh kepemimpinan wasit yang memihak kepada kami. Kami ingin dipimpin oleh wasit yang fairfair saja,” ujar Djanur, sapaan akrabnya, di Bandung, Selasa (11/7/2017) sore.

Harapan serupa juga dilontarkan Heri Kiswanto. Ia berharap PSSI segera mengevaluasi kinerja wasit Indonesia. Sebab, menurut dia, masalah utama sepak bola Indonesia saat ini terletak pada kinerja wasit.

“Saya pernah seperti itu (dikerjai wasit) di Padang. Saya berharap semua dievaluasi. Pemain, pengurus tim, tidak ada masalah. Masalah sepak bola adanya di wasit,” kata Heri.

Ia menunggu upaya nyata dari PSSI soal pembenahan kinerja wasit. Namun, ia menilai, sejauh ini upaya perbaikan dari PSSI itu masih jauh dari memuaskan.

“Saya mendukung sekali. Dari dulu saya paling keras, kadangkadang saya dikucilkan karena saya ingin sepak bola Indonesia ini jaya,” kata Herkis, sapaan akrabnya.