Pesan Soekarno Iringi Perjuangan Indonesia U-15 di Swedia

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, menyampaikan pesan dalam pelepasan tim LKGSKF Indonesia yang akan bertolak ke Swedia pada Jumat (14/7/2017). Mereka akan mengikuti turnamen Gothia Cup kategori U15 di Swedia.

“Ini momen paling baik bagi kalian semua untuk menunjukkan bahwa kompetisi LKG, yang berlangsung hampir 30 minggu, bisa menghasilkan prestasi,” kata Budiman Tanuredjo di lobi kantor Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

“Tidak pernah ada juara tanpa latihan, kedisiplinan, dan ketekunan. Tunjukkan bahwa kalian mampu menampilkan semangat juang yang tinggi,” ucap Budiman.

Budiman juga memberikan bekal berupa kalimat legendaris dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

“Ingat katakata Soekarno, Orang tua hanya bisa bermimpi, tetapi anak muda bisa mengubah mimpi. Tunjukkan bahwa kalian bisa menjadi juara dunia,” ujar Budiman.

“Kalian bermain atas nama Indonesia. Yakinlah bahwa persiapan, kompetisi yang baik, sportivitas, dan semangat juang akan menghasilkan prestasi,” tutur Budiman.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, berbicara dalam pelepasan kontingen tim LKGSKF Indonesia di lobi kantor Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Tim LKGSKF dihuni oleh 18 pemain terbaik dari kompetisi Liga Kompas Gramedia (LKG) 20162017. Mereka dibesut oleh pelatih Tias Tano Taufik yang berasal dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Garuda Putra.

Tias pun meminta timnya untuk bersatu demi mengharumkan nama negara.

“Apapun hasil dari LKG, tim ini merupakan wakil Indonesia. Saya meminta para pemain untuk meninggalkan atribut SSB agar tercipta suatu kebersamaan dan tertanam dalam diri mereka untuk mewakili Indonesia,” kata Tias kepada JUARA.

“Satu hal terpenting yang saya tanamkan adalah jika berprestasi di Gothia, maka Coach Fakhri Husaini, akan memberi kesempatan untuk membela timnas U16,” ucap Tias.

Sejauh ini pencapaian terbaik tim LKGSKF adalah finalis Gothia Cup pada 2013. Kala itu, mereka takluk 34 via adu penalti dari tim Slovenia, NK KRSKO.

Berikut ini 18 pemain LKGSKF yang berangkat ke Swedia:

1. Sabda Yoga. BP penjaga gawang (SSB: PERSIGAWA)
2. Risky Muhamad S penjaga gawang (VILLA 2000)
3. Dika Maulana bek tengah (PELITA JAYA)
4. M. Azka Al Chawari bek tengah (GARUDA PUTRA)
5. Ahmad Farensyah bek tengah (PELITA JAYA)
6. Adrian Maulana bek kanan (BUPERTA)
7. M. Daffa Imadudin bek kiri (PERSIGAWA)
8. Widi Andika Muzaki gelandang (GARUDA PUTRA)
9. Fatah Aji P gelandang (ASIOP)
10. Unggul Perkasa gelandang (BINA TARUNA)
11. Vigo Sandiwahyu S gelandang (RICKY YACOBI)
12. Julianur Rahman gelandang (BINA TARUNA)
13. M. Salman A gelandang (JFA)
14. Bagas Wijaya P sayap kiri (GARUDA PUTRA)
15. Sandi Kusumah sayap kiri (BINA TARUNA)
16. M. Rafiq Ramdani sayap kanan (BINATARUNA)
17. Sutan Diego A. Zico striker (BINA TARUNA)
18. Rabani Adam striker (PELITA JAYA)