Douglas Costa Tuntaskan Transfer dari Bayern ke Juventus

Douglas Costa menuntaskan proses transfer ke Juventus sebagai pemain pinjaman dari Bayern Muenchen, Rabu (12/7/2017) waktu setempat. Dia sudah ada di Turin sejak Selasa (11/7/2017).

Costa telah melewati proses tes medis sebelum resmi menandatangani kontrak peminjaman berdurasi satu musim. Pemain sayap berusia 26 tahun ini dipinjam dengan biaya sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp 91,8 miliar.

Dalam kontrak tersebut juga dilengkapi klausul pembelian permanen pada akhir musim 20172018 dengan biaya total 40 juta euro (sekitar Rp 612 miliar).

“Kami melakukan pembicaran serius dan konstruktif dengan pihak yang berkepentingan di Juventus. Semua persyaratan keuangan Bayern telah dipenuhi,” kata CEO KarlHeinz Rummenigge seperti dilansir situs resmi Bayern Muenchen.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Douglas atas prestasinya. Setelah kesuksesan selama dua tahun, ia ingin menjajal tantangan berbeda. Saya berharap yang terbaik buat dia dan keluarganya di Italia,” ujar dia.

CONFIRMED: Douglas Costa has left #FCBayern to join @juventusfcen.

All the best for the future, @douglascosta! pic.twitter.com/Ph6ip4RK4D

FC Bayern English (@FCBayernEN) July 12, 2017

Pihak Juventus pun telah memberikan pengumuman resmi terkait peminjaman Costa dari Bayern, Rabu (12/7/2017).

“Douglas Costa secara resmi sudah menjadi pemain Juventus. Klub memang sudah mencapai kesepakatan dengan Bayern Muenchen untuk peminjaman sementara pemain asal Brasil itu,” tulis pernyataan resmi Juventus.

Benvenuto, @douglascosta ! https://t.co/BdRtFNQaMs #BemvindoDouglas pic.twitter.com/AUjvs9DlLt

JuventusFC (@juventusfc) July 12, 2017

Kedatangan Costa menjadi solusi dari masalah La Vecchia Signora, julukan Juventus, di sisi sayap.

Sayap ofensif inilah yang akan membuat Mandzukic tidak perlu lagi dipaksakan bermain sebagai gelandang serang sisi kiri.

Juventus perlu tambahan pemain yang mampu menggiring bola dengan baik, hebat dalam melepas umpan silang, dan piawai memberikan operanoperan kunci.

Musim lalu, di sektor sayap Juventus mengandalkan Dani Alves, Juan Cuadrado, dan Alex Sandro.

Kemampuan seperti yang disebut di atas dimiliki Douglas Costa. Selain itu, mantan pemain Gremio dan Shakhtar Donetsk itu juga hebat dalam melepas tembakan jarak jauh.

Data di Whoscored menunjukkan bahwa Douglas Costa pada musim lalu mencetak dua assist umpan silang dan melepas 47 operan kunci untuk Muenchen. Pemain berusia 26 tahun ini total melakukan 121 dribel di mana 71 di antaranya sukses.