Hajar Singapura, Timnas Indonesia U-16 Akhirnya Rebut 3 Poin

Timnas Indonesia U16 akhirnya bisa rebut tiga poin usai mengalahkan Singapura dalam laga terakhir mereka pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U15 2017, Senin (17/7/2017) di Chonburi Campus Stadium, Thailand.

Singapura yang pernah dikalahkan 04 dalam laga uji coba, kini tak mudah ditaklukkan. Pada babak pertama, Indonesia membuat enam peluang, namun tak ada satu pun gol tercipta. Sementara, Singapura kali ini tampil lebih berani dan tak mudah ditekan.

Pada babak kedua, Indonesia langsung mengurung pertahanan Singapura yang mulai menurun. Sebuah gol membuka keunggulan Garuda Asia pada menit 50 melalui sepakan Brylian Aldama. Sebelumnya, Indonesia berulangkali melepaskan tembakan ke gawang Singapura, namun belum mampu dikonversi menjadi gol.

Brylian menggandakan keunggulan Indonesia pada menit 61 melalui tendangan dari luar kotak penalti. Unggul 20, Indonesia terus menekan untuk menambah pundipundi gol.

Pertandingan berjalan ketat karena Singapura juga memberikan perlawanan. Indonesia tetap mengendalikan pertandingan dan memiliki banyak peluang. Namun, hingga laga berakhir, tim besutan Fachri Husaini gagal memperlebar jarak.

Hasil 20 kontra Singapura menjadi kemenangan perdana Timnas Indonesia U16 dalam ajang ini. Dalam lima laga sebelumnya, mereka ditahan Myanmar 22, kalah dari Thailand 01, kalah dari Australia 37, dan dipencundangi Laos 23.

Setelah menjalani Piala AFF U15, Timnas Indonesia U16 dinanti kualifikasi Piala AFC U16 2018 yang digelar pada pertengahan September 2017 di Thailand.