Korupsi, Presiden Sepak bola Spanyol Tempati Hotel Prodeo

Pengadilan Tinggi Spanyol menangkap Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Angel Maria Villar, atas dugaan korupsi. Villar ditangkap bersama satu anaknya, Gorka.

Seperti dilansir Marca, Villar ditangkap pukul 08.00 waktu setempat. Ia diduga melakukan setidaknya lima tindakan kriminal, yakni kesalahan manajemen, pemalsuan dokumen, korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan penggelapan aset.

Semua tindak kriminal itu dilakukan berkaitan dengan pertandingan persahabatan timnas Spanyol. Di antara pertandingan yang dicurigai pihak berwenang Spanyol adalah pertandingan melawan Korea Selatan pada 1 Juni lalu dan melawan Bosnia, 29 Mei di Swiss.

Pihak berwenang Spanyol sampai saat ini masih melakukan pencarian dokumen yang diperlukan. Pencarian tersebut dilakukan di kantor Federasi, antara lain di Tenrife, Valencia dan Ceuta. Selain itu, kantor pribadi Villar juga digeledah.

Mediamedia Spanyol menduga pihak berwenang masih akan menangkap beberapa pejabat tinggi Federasi yang diduga terkait. Pasalnya selain Villar, Juan Padron selaku Wakil Presiden Bidang Ekonomi Federasi juga diciduk aparat.

Di sisi lain, FIFA selaku otoritas tertinggi sepak bola di dunia menolak menanggapi kasus tersebut. FIFA beralasan masalah ini berada di ranah domestik sepak bola Spanyol.