Piala Dunia Tidak Akan Diikuti 40 Peserta, Tetapi 48 Tim!

Tapi bukan berarti presiden FIFA, Gianni Infantino menyerah dengan janjinya memberi slot yang lebih banyak kepada negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika yang sudah mendukungnya. Infantino malah menggagas Piala Dunia dengan peserta lebih banyak lagi, 48 tim!
Ide Piala Dunia diisi oleh 40 tim sudah mencuat cukup lama. Diperkirakan, Gianni Infantino ingin mewujudkannya di Piala Dunia 2026, mengingat Piala Dunia Rusia dipastikan cuma memuat 32 tim seperti biasa. Dan kemungkinan, Piala Dunia Qatar juga masih mempertahankan format ini. Tapi sekarang, Infantino punya gagasan lebih ekstrem, yaitu Piala Dunia dengan 48 tim, yang berarti menambah 16 tim.
Format yang diusung oleh Infantino untuk Piala Dunia versinya ini juga akan berbeda. Akan ada babak eliminasi awal yang melibatkan 32 tim, sehingga 16 tim langsung tersingkir di babak ini. Kemudian, barulah babak sesungguhnya dimulai dengan sistem penyisihan grup yang terdiri dari 32 tim, dilanjutkan dengan fase gugur. Dengan format ini, cuma ada tambahan satu pertandingan bagi peserta Piala Dunia dibandingkan dengan jumlah laga saat ini.

Hingga Piala Dunia 2018 mendatang, sebuah tim yang lolos ke final akan bermain tujuh kali. Dengan format baru, tim yang lolos itu akan tampil delapan kali. Dengan catatan, tim tersebut termasuk dalam 32 tim non unggulan yang harus bertarung di babak eliminasi awal. Jika tim tersebut masuk dalam 16 tim unggulan, maka jumlah laga yang dimainkannya tetap tujuh, yaitu tiga di penyisihan grup dan empat di fase gugur.
Gianni Infantino menuturkan, Ini adalah ide untuk mendapatkan solusi terbaik. Kami akan memperdebatkan hal ini bulan ini (Oktober 2016 dalam rapat Dewan FIFA) dan akan memutuskan segalanya pada 2017. Ada beberapa ide yang kami ajukan untuk mendapatkan format terbaik bagi Piala Dunia.

sports-okezone.com 4d singapore Sumber: Sidomi