Kemiripan Selebrasi Pemain Bali United dengan Messi

Miftahul Hamdi mencetak satu gol dan mengkreasi satu assist saat Bali United menang atas PSM Makassar dengan skor 30 pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (23/7/2017).

Torehannya tersebut seakan menjadi pembuktian kualitas Miftahul setelah tak masuk skuad timnas U22 Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U23 2018 di Bangkok, Thailand, pekan lalu.

Hamdi diturunkan pada paruh kedua. Pemain multiposisi itu masuk menggantikan marquee player Bali United, Nick van der Velden, pada menit ke47.

Masuknya Hamdi mengubah ritme permainan Bali United. Pemain asal Aceh itu pun menyumbangkan assist untuk gol kedua timnya lalu menyegel tripoin lewat sundulannya.

Setelah mencetak gol, Miftahul seperti biasa melakukan sujud syukur. Dia lalu melakukan gesture seperti menelepon dengan menatap ke tribune, sementara tangan kirinya mengangkat seragamnya sehingga muncullah tulisan nama di dadanya.

Apa makna dari selebrasi tersebut?

“Aku bersyukur karena kemarin langsung ditelepon oleh manajemen Bali United ketika saya tidak masuk skuad Garuda. Itu arti selebrasi saya,” kata Miftahul kepada BolaSport.com, Senin (24/7/2017).

Selebrasi yang dilakukan Miftahul sebetulnya tidak asing. Pada Maret 2017, bintang Barcelona Lionel Messi melakukan selebrasi bak orang menelepon saat menang 50 atas Celta Vigo.

Barcelona star Lionel Messi explains telephone gesture https://t.co/Z2EtP35YfN pic.twitter.com/9NDDk5UYfO

F.C. Barcelona News (@FCB_LatestNews) March 6, 2017

Selebrasi anyar Messi lantas memunculkan spekulasi. Diinterpretasikan media asal Barcelona, Sport, sang bintang bisa saja berusaha memberikan pesan nonverbal untuk manajemen klub.

“Pemaknaan paling kontroversial dan mungkin mengkhawatirkan mungkin adalah pesan berbunyi, Kapan Anda menghubungi saya untuk pembaruan kontrak?” tulis Sport.

Ditanya apakah Miftahul meniru selebrasi Messi, sang pemain menjawab,”Wah kurang tahu soal itu.”

Miftahul berharap bisa mengulang penampilan gemilang pada laga selanjutnya. Dengan begitu, dia berharap menembus skuad SEA Games 2017.

“Ya, saya kini lebih termotivasi. Meskipun terpilih di Kualifikasi Piala Asia U23, semoga saya bisa menembus skuat SEA Games,” ucap Hamdi.