Luis Enrique dan Daftar Pelatih Top dengan Status Tanpa Klub

Kursi pelatih dan manajer bisa menjadi “panas” seketika apabila prestasi sebuah klub mengalami grafik menurun. Pemecatan pun bisa menjadi solusi instan dari manajemen.

Tengok saja Premier League, kasta teratas Liga Inggris, musim 20162017. Ada 14 pergantian manajer, sembilan di antaranya terjadi saat kompetisi berlangsung.

Serie A atau level pertama Liga Italia lebih “kejam” lagi. Terjadi 18 pergantian pelatih selama musim lalu, empat di antaranya melibatkan Inter Milan.

Gelombang pemecatan di ligaliga besar Eropa bisa berlanjut pada musim 20172018. Terlebih lagi, banyak klub tergolong jorjoran dalam belanja pemain.

Klubklub besar Eropa bisa semakin tergoda untuk mendepak pelatih melihat namanama top di daftar “pengangguran”. Terselip Thomas Tuchel, Luis Enrique, dan David Moyes.

Berikut ini adalah daftar pelatih top tanpa ikatan kontrak:

Paulo Sousa

FRANCISCO LEONG/AFP Pelatih baru Fiorentina, Paulo Sousa

Fiorentina melepas Paulo Sousa karena kegagalan membawa tim finis di zona Eropa pada musim 20162017. Posisinya diambil alih Stefano Pioli.

Cuma, Sousa masih memiliki posisi tawar cukup bagus untuk calon klub barunya. Rapor poin sosok asal Portugal itu tergolong tinggi, yaitu 1,75 per laga.

Dia bisa menjadi solusi buat timtim Italia yang membutuhkan pelatih pada tengah musim.

Terlebih lagi apabila tim tersebut mempunyai materi memadai untuk sistem tiga pemain belakang. Sepanjang karier kepelatihannya, Sousa kerap menggunakan formasi 3142.