Barito Putera Percaya Diri Tantang Persela meski Tak Gelar Uji Coba Lapangan

Skuad Barito Putera di bawah arahan pelatih Jacksen F Tiago percaya diri mampu mempersulit Persela Lamongan pada saat bentrok Liga 1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (28/7/2017) sore.

Padahal, Rizky Pora dan kawankawan tidak melakukan sesi coba lapangan yang biasa dilakukan tim tamu pada H1. Mereka lebih memilih untuk berlatih di lapangan Tambak Sari, Surabaya, yang berdekatan dengan tempat menginap rombongan tim.

Kami bersyukur karena apa yang kami rencanakan berjalan dengan baik dan kami sudah persiapkan tim menghadapi Persela. Kami latihan di lapangan Tambak Sari, yang dekat dengan penginapan, ujar Jacksen dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan, Kamis (27/7/2017).

Kami tidak coba lapangan, cukup besok saja sebelum pertandingan, karena jarak penginapan cukup jauh. Jadi kami menghemat tenaga pemain dan latihan di Tambak Sari saja karena selain pemain asing, saya kira semua pemain sudah pernah merasakan main di sini (Stadion Surajaya), kata dia.

Lebih jauh, pelatih berkebangsaan Brasil ini menjelaskan bahwa hal itu (tidak menggunakan sesi coba lapangan Stadion Surajaya) sebenarnya sudah ia terapkan semenjak menangani Persipura Jayapura.

Sejak saya pegang Persipura, kami selalu latihan di Surabaya dan tidak gunakan coba lapangan. Kalau latihan di sini (Stadion Surajaya) mungkin kami butuh tiga sampai empat jam dan itu pasti menguras tenaga pemain. Makanya kami pilih latihan di Surabaya saja, ucap Jacksen.

Barito Putera berpeluang besar memainkan Hansamu Yama Pratama dan Gavin Kwan Adsit, yang baru saja kembali dari memperkuat Timnas Indonesia U22. Tetapi mereka harus minus M Robi, Ambrizal, serta Valentino Teulabun, yang tidak bisa dimainkan dalam laga itu.

Hansamu dan Gavin, mereka sudah gabung dengan tim semalam di Surabaya. Mereka juga sudah ikut latihan pagi. Kalau dapat kebijakan dari PSSI bisa dimainkan, tentu akan saya mainkan. Tapi kalau tidak, kami juga akan mengikuti peraturan yang berlaku, tutur Jacksen.

Sementara itu Dandi Maulana Abdulhak yang didapuk mewakili para pemain Barito Putera mengatakan, baik dirinya maupun rekanrekannya sudah siap tampil dan akan berusaha mempersembahkan raihan poin bagi Barito Putera. Meskipun, mereka akan menjalani laga away.