Koeman Tak

Manajer Everton, Ronald Koeman, tidak memberikan ban kapten kepada Wayne Rooney. Padahal, pemain 31 tahun tersebut memenuhi semua persyaratan untuk menjadi pemimpin rekanrekannya di lapangan hijau.

Soal pengalaman dan kebintangan, Rooney memilikinya karena dia kembali ke Everton dengan status mantan kapten Manchester United dan timnas Inggris. Rooney bahkan mencatat sejarah sebagai top scorer sepanjang masa Man United dengan torehan 253 gol (dan 145 assist) dari 559 penampilan.

Namun semua atribut yang melekat pada pemain yang meninggalkan Everton pada Agustus 2004 ini tidak membuat Koeman silau. Sang manajer tetap memberikan kepercayaan kepada pemain yang sudah lebih dulu mendapat mandat sebagai kapten.

Ini terlihat pada pertandingan kualifikasi Liga Europa saat Everton menghadapi Ruzemberok di Goodison Park, Kamis (27/7/2017) malam atau Jumat dini hari WIB. Leighton Baines mendapat kepercayaan sebagai kapten meskipun Rooney juga tampil sejak menit pertama.

Koeman memiliki alasan menunjuk Baines sebagai pemimpin Everton. Dilansir BolaSport.com dari Mirror.co.uk, manajer asal Belanda itu tak ingin mengubah penunjukkan kapten yang sudah ditetapkan sejak musim lalu.

Everton menunjuk Phil Jagielka sebagai kapten utama, Gareth Barry sebagai kapten kedua dan Baines sebagai kapten ketiga. Untuk musim ini, Koeman tidak mengubah keputusan dan mempertahankan urutan kapten Everton meskipun mereka berhasil menggaet Rooney.

Menurut Koeman, dengan atau tanpa ban kapten, Rooney tetap menjadi pemain berpengalaman yang mempunyai dampak bagus untuk para pemain Everton, terutama pemain muda. Dia yakin Rooney akan memberikan ilmu dan kepemimpinan yang dia miliki kepada Everton.