Sissoko Bicara tentang Sepak Bola Indonesia yang Bisa Bikin Eropa Kaget

Eks pemain Liverpool yang kini membela Mitra Kukar, Mohammed “Momo” Sissoko, mengatakan bahwa pakar sepak bola Eropa akan terkejut melihat iklim sepak bola Indonesia.

Sissoko yang sudah pernah malang melintang di Eropa terikat kontrak satu tahun dengan Mitra Kukar. Bagi pemain berusia 32 tahun tersebut, bermain di Liga Indonesia punya tantangan tersendiri.

“Anda tidak bisa membandingkan level sepak bola Indonesia dengan Eropa. Namun, di Indonesia ada keinginan untuk belajar dan memajukan liga,” ujarnya.

Sosok asal Mali tersebut mengatakan bahwa keinginan untuk belajar ini penting untuk perkembangan liga.

“Saya rasa seiring waktu berjalan, kita akan melihat langkah penting, misalnya untuk mengembangkan akademi. Dari situ, Indonesia akan punya timtim yang kuat untuk bersaing dengan Eropa,” kata Sissoko.

Sebelum ke Mitra Kukar, Sissoko pernah bermain untuk Shanghai Shenhua (China) dan FC Pune City (India). Dari pengalaman itu, Sissoko merasakan bahwa bermain di Asia tidak lebih mudah ketimbang di Eropa.

“Ada persepsi, terutama di Eropa, bahwa bermain di negara seperti India dan Indonesia itu mudah. Namun, itu salah,” ucapnya.

“Sepak bola di sini beda dari Eropa, tetapi Anda harus siap secara fisik. Kalau tidak, Anda takkan bisa bermain,” kata Sissoko lagi.