Gol Gelandang Anyar Barcelona Warnai Kemenangan Brasil atas Ekuador

Brasil menang 20 atas Ekuador dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Stadion Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (1/9/2017) WIB. Gol Brasil dicetak oleh Paulinho (menit ke69) dan Philippe Coutinho (76).

Lesakan ini menjadi kali pertama buat Paulinho sejak pindah ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2017.

Brasil memang tampil sangat mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 75 persen.

Dari segi peluang, Tim Samba memiliki 14, sedangkan Ekuador mempunyai empat kesempatan. Total operan keseluruhan antara Brasil (651) dan Ekuador (211) juga sangat timpang.

Brasil sudah menunjukkan tandatanda kemenangan sejak babak pertama. Ekuador bahkan tak mampu melakukan satu pun sentuhan di kotak penalti Brasil.

Kendati mengurung pertahanan tim tamu sejak awal, Brasil baru dapat memecahkan kebuntuan pada menit ke69. Berawal dari sepak pojok Willian, Paulinho dengan mantap mengontrol bola di kotak penalti.

Gelandang anyar FC Barcelona ini pun menghujamkan sepakan keras dari jarak dekat. Artinya, Paulinho mengukir empat dari lima gol terakhir Brasil di kualifikasi Piala Dunia.

Oh hey, theres that Paulinho guy again, puts Brazil 10 up vs Ecuador pic.twitter.com/DL3tJSG2fe

Matheus Milanez (@biffmila) September 1, 2017

Sebelumnya, pesepak bola yang ditebus Barcelona dari Guangzhou Evergrande dengan harga 40 juta euro (sekitar Rp 634 miliar) ini, memborong tiga gol ke gawang Uruguay.

Hanya berselang tujuh menit, pasukan Tite berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini, Coutinho bekerja sama dengan apik dengan Gabriel Jesus.

Menerima operan matang Jesus, Coutinho dengan tenang melepaskan tendangan terukur dari dalam kotak 12 pas.

Skor 20 untuk Brasil pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Raihan tiga poin memantapkan Brasil di puncak klasemen dengan koleksi 36 poin.

Coutinho showing Barça what they missed out on #LFC pic.twitter.com/mG6LAgWj9F

Mo (@MoApaydin) September 1, 2017

Neymar dan kawankawan unggul 11 poin dari pesaing terdekat, Kolombia.

Sementara itu, Ekuador tertahan di peringkat ketujuh dengan perolehan 20 poin. (Septian Tambunan)

Brasil 20 Ekuador (Paulinho 69, Coutinho 76)