Barca Pagari Pemain 19 Tahun Ini dengan Klausul Pelepasan Rp 1 Triliun

Barcelona memagari gelandang masa depannya, Carles Alena, dengan kontrak baru berdurasi tiga tahun. The Catalans juga memasang klausul pelepasan yang terbilang fantastis untuk pemain 19 tahun karena nilainya mencapai 75 juta euro (sekitar Rp 1,193 triliun).

Dengan demikian, pemain asal Spanyol ini akan tetap di Camp Nou hingga Juni 2020. Klub yang mengincarnya pun harus berpikir panjang untuk memboyongnya karena perlu menyiapkan dana lebih dari Rp 1 triliun.

Tottenham Hotspur menjadi klub yang terkena dampak kontrak baru ini. Harapan untuk mendapatkan jasa Alena menjadi sirna meskipun mereka sudah memburunya selama bursa transfer musim panas 2017.

Alena sudah mendapat empat kesempatan tampil bersama tim senior Barca. Dia melakukan debutnya pada musim lalu ketika mantan pelatih Barca, Luis Enrique, menurunkannya dalam pertandingan Copa del Rey.

Performanya memikat ketika itu. Alena membayar kepercayaan Enrique dengan mencetak gol untuk menyamakan skor menjadi 11 saat melawan tuan rumah Hercules. Alhasil, Enrique kembali memberikannya kesempatan dalam tiga pertandingan La Liga pada bulan April.

Menurut Marca dan El Mundo Deportivo, ada opsi perpanjangan kontrak hingga dua tahun ke depan dalam kesepakatan baru tersebut. Opsi itu akan digunakan bila Alena mendapat kesempatan bermain di tim utama pada musim 20172018.

Sebelum kontrak baru ini, klausul pelepasan Alena hanya tiga juta euro (sekitar Rp 47,734 miliar). Melonjaknya klausul pelepasan ini tak lepas dari dari performanya yang sangat memikat ketika membawa Barcelona B promosi ke La Liga 123.