Indonesia Vs Filipina, Statistik Bek Sekaligus Kapten Timnas U-19 Fantastis!

Tim nasional U19 Indonesia tampil fantastis saat melawan Filipina pada pertandingan kedua penyisihan Grup B Piala AFF U18 di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017). Garuda Nusantara membantai Filipina dengan skor 90.

Gol pasukan Indra Sjafri dicetak oleh Feby Eka Putra (menit ke8, 68, 87), Egy Maulana Vikri (22, 38pen), Muhammad Iqbal (26, 40), Muhammad Rafli (90 1pen), dan Resky Fandi (90 2).

Timnas U19 Indonesia memang bermain nyaris tanpa cela. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 75 persen.

Secara keseluruhan, pasukan Garuda Nusantara melepaskan 608 operan sukses dari 674 upaya. Artinya, 90 persen operan Egy Maulana Vikri dan kawankawan mengarah tepat sasaran

Catatan ini merupakan sebuah peningkatan bagi Timnas U19 Indonesia dibandingkan pertandingan pertama saat menaklukkan Myanmar 21. Kala itu, jumlah operan sukses Garuda Nusantara adalah 502 dari 574 percobaan.

Angka 87 persen operan tepat sasaran pun muncul pada akhir partai. Uniknya, kelihaian dalam mengoper bola itu dikuasai dengan sangat baik oleh satu pemain.

Bukan seorang penyerang ataupun gelandang. Sosok tersebut menempati posisi bek tengah dalam diri kapten tim, Rachmat Irianto.

Saat Timnas U19 Indonesia mempermalukan Myanmar di depan pendukung tuan rumah, Rachmat menjadi anak asuh Indra Sjafri dengan jumlah operan sukses tertinggi, yakni 89! Hanya tiga operan dia yang meleset sehingga akurasinya menyentuh angka 96 persen.

Sementara itu, ketika Garuda Nusantara melumat Filipina 90, Rachmat kembali memamerkan kemampuannya dalam mengalirkan si kulit bulat. Dia menjadi satusatunya pemain Timnas U19 dengan jumlah operan sukses lebih dari 100 kali atau tepatnya 117 kali!

Kali ini, operan Rachmat hanya enam yang tak menemui rekan setim sehingga keakuratannya mencapai 95 persen. Terasa semakin luar biasa karena Rachmat nyaris membukukan gol pada menit ke70.

Kala itu sang kapten dengan berani maju hingga kotak penalti Filipina dan menggocek kiper lawan. Sayang, sepakan dia masih membentur tiang.

Menarik dinantikan aksi selanjutnya dari Rachmat Irianto cs. Maju terus Garuda Nusantara!