Romelu Lukaku Jadi Korban Rasis Suporter MU

Lembaga antirasisme dan diskriminasi sepak bola dunia, Kick It Out, telah memperingatkan Manchester United (MU) menyusul keluhan nyanyian
bernada rasisme yang ditujukan kepada penyerang tim kesayangannya sendiri, Romelu Lukaku.

Ini berawal dari munculnya sebuah video saat MU menjamu Everton, Minggu lalu. Terlihat sebagian kecil suporter MU menyanyikan sebuah lagu yang dinilai mengandung rasisme.

Kick It Out kemudian menyatakan akan bekerja sama dengan klub dan Asosiasi Sepak Bola (FA) untuk mengatasi masalah tersebut. Dan, telah meinta agar menghukum pelaku.

“Kick It Out sadar akan cuplikan dugaan rasis oleh pendukung Manchester United yang muncul pada Rabu malam (13 September),” kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan kepada Omnisport, Selasa (19/9/2017).

“Lirik yang digunakan dalam nyanyian itu menyinggung dan diskriminatif. Stereotip rasis tidak pernah diterima sepak bola atau masyarakat luas, terlepas dari niat untuk menunjukkan dukungan bagi seorang pemain.”

“Kami telah menghubungi Manchester United (MU) mengenai masalah ini dan akan bekerja sama dengan mereka dan FA untuk memastikan hal tersebut ditangani dengan cepat.