4 Pemain Veteran Liga Italia dengan Penampilan Terbanyak

Gelandang loyal AS Roma, Daniele De Rossi tercatat sudah bermain dalam 573 pertandingan di level klub. Tentu saja semua itu bersama I Giallorossi. 428 di antaranya ia tampil di Serie A. Dalam kesempatan, pemain berteknik tinggi itu mencetak 41 gol serta 39 assist.

De Rossi merupakan penerus Totti di AS Roma. Seperti halnya Totti, gelandang berusia 34 tahun itu sudah membela Srigala Ibukota sejak masih kanakkanak. Tak pernah sekalipun ia membela klub lain, bahkan sekadar dipinjamkan.

Hal itu tentu saja karena penampilannya yang terus konsisten dari masa ke masa. Gelandang baru boleh datang silih berganti, tapi ia tetap selalu menjadi pilihan utama sepanjang kondisinya fit. Dalam beberapa musim terakhir, godaan terus datang menghampiri De Rossi.

Banyak klubklub luar negeri, termasuk dari MLS yang berkeinginan merekrutnya. Di saat yang sama, AS Roma juga kerap mengulurulur waktu dalam memberinya kontrak baru. Akan tetapi, sampai sejauh ini, hal itu tak sampai terwujud. Roma bagaimanapun masih sayang padanya.

Barubaru ini, De Rossi telah mengumumkan pensiun dari Timnas Italia, bersamaan dengan Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan Andrea Barzagli. Ia mengundurkan diri setelah Tim Azzuri gagal lolos ke Piala Dunia 2018 usai tak mampu menaklukkan Swedia di babak playoff.