5 Klub Ini Tak Diduga Jadi Juara Liga Inggris

Sepuluh tahun terakhir, Newcastle Unites mengalami musim yang sangat buruk. Mereka terdegradasi dua kali dari Liga Primer pada periode tersebut.

Tapi nasib Newcastle selalu tidak begitu membosankan. Meskipun tak dianggap sebagai pengganjal jalan tim besar, mereka pernah melahirkan pemain legenda seperti Alan Shearer, Les Ferdinand, David Ginola dan Dave Watson.

Namun demikian, kilas balik ke abad 20, Newcastle United adalah pusat kekuatan sepak bola Inggris. Mereka pernah mencatatkan tiga gelar liga dalam lima tahun, yakni 190405, 190607, 190809.

Perang Dunia Pertama sempat mengganggu kemajuan mereka. Tapi Newcastle sukses bangkit dan akhirnya berhasil juara liga musim 1926/27.

Sayangnya, itu adalah gelar terakhir mereka pada kompetisi strata atas Inggris. Mereka sebenarnya telah juara empat kali di divisi dua, tapi tak ada yang peduli soal itu.

Secara keseluruhan, klub asal Tyneside ini memiliki enam Piala FA, yang terakhir berada di tahun 1955. Trofi terakhir mereka adalah Piala Intertoto pada tahun 2006, yang merupakan Piala Eropa tingkat ketiga yang biasanya diadakan pada pramusim.