5 Playmaker Penyihir di Eropa, Lionel Messi Salah Satunya

Peran playmaker dalam sebuah tim merupakan sosok yang paling krusial. Pemain yang dibebankan tugas ini, harus memiliki kecerdasan visi, serta umpan-umpan yang menyihir pertahanan lawan.

Dahulu, beberapa nama mencuat sebagai playmaker kelas wahid. Contoh saja Claude Makelele, Andrea Pirlo, dan Xabi Alonso yang punya peran vital meski berposisi sebagai gelandang yang agak dalam.

Mereka bahkan tak hanya bertugas menata serangan dan mengatur permainan. Playmaker juga dituntut ikut bisa membentengi lini pertahanan.

Pada era modern seperti sekarang ini, trennya agak berbeda. Peran untuk menjaga kedalaman di lini tengah sering disebut dengan panggilan deep lying playmaker. 

Sementara playmaker yang mengatur serangan, bisa berperan juga sebagai eksekutor serangan atau peluang. Pemain Barcelona, Lionel Messi, salah satunya.

Tak heran, Messi kerap jadi top scorer untuk klubnya. Sebab, selain ikut meneror pertahanan lawan dengan sihirnya, Lionel Messi juga adalah seorang predator unggul di gawang lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *