Ambisi PSSI soal Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia

PSSI memiliki ambisi besar dalam peluncuran buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia. Diharapkan, semua pelatih di Indonesia akan menjadikan buku tersebut sebagai pedoman dalam pembinaan usia muda.

Seperti diketahui, PSSI lewat Direktur Teknik Danurwindo baru saja meluncurkan buku berjudul Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia di kantor PSSI, Grand Rubina, Jakarta, Kamis (9/11/2017). Tujuannya tentu agar sepak bola Indonesia bisa kembali berprestasi dalam beberapa tahun mendatang.

Buku setebal 165 halaman itu sendiri terbagi dalam enam bab ditambah dari contoh model sesi latihan. Dalam buku itu dijelaskan ada beberapa fase yang harus dilewati dalam pembinaan sepak bola usia muda.

Mulai dari fase 1013 tahun, 1417 tahun, dan 18 tahun ke atas. Meski diberikan metode latihan yang berbedabeda, Danurwindo menjelaskan soal keinginan yang diharapkan dari para pemainpemain Indonesia di masa depan.

“Kita punya cara bermain dan bisa dikembangkan dari usia dini. Dalam menyerang, berarti kita fokus pada posisi, kemudian mencetak gol. harus proaktif, ingin selalu menguasai bola. Menyerang dengan konstruktif, artinya dari lini ke lini, belakang ke depan,” kata Danurwindo.