Bertandang Everton, The Citizens Makin Dekat ke Trofi Juara

Pertandingan big match antara Everton melawan Manchester City akan menjadi partai yang seru di akhir pekan ini, Sabtu (31/2). Pertandingan melawan Everton bakal semakin mendekatkan Manchester City menjuarai Premier League musim 2017/18 ini.

Hingga pekan ke-30 Premier League, The Citizens unggul jauh dari para pesaing terdekatnya. Manchester City unggul 16 angka dari Manchester United di posisi kedua dan kemenangan saat bertandang ke markas Everton membuat The Citizens hanya membutuhkan satu kemenangan – di markas United pekan depan – guna memastikan gelar juara.

Menghadapi The Toffees, Manchester City perlu waspada karena dari lima pertemuan terakhir mereka, Manchester City telah menelan sekali kekalahan dan hanya meraih satu kemenangan. Sementara tiga laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Selain itu Everton menjadi salah satu tim yang berhasil mencuri angka dari The Citizens musim ini. Menariknya The Toffees menjadi satu-satunya tim yang belum berhasil dikalahkan Manchester City sepanjang musim 2017/18 ini. Bahkan dari 117 klub yang sudah dihadapi pelatih Manchester City Josep Guardiola hanya melawan Everton, Guardiola belum pernah meraih kemenangan.

Meski begitu Everton dihadapi masalah cedera serta skorsing yang dialami para pemainnya jelang laga ini. The Toffees harus kehilangan enam pemain karena cedera. Sementara itu lini belakang Everton juga kehilangan Eliaquim Mangala yang tak dapat bermain karena status peminjaman dari Manchester City.

Sebaliknya di kubu Manchester City, Sergio Aguero diragukan dapat tampil karena cedera lutut. Kondisi Fabian Delph juga masih belum bisa dipastikan dapat bermain pada laga ini. Sementara itu Benjamin Mendy yang pulih dari cedera lutut, sudah mulai kembali merumput. Tetapi usai absen selama enam bulan, bek asal Prancis ini diragukan dimainkan pada laga ini.

Para pendukung Manchester City begitu mendambakan meraih gelar juara di kandang Manchester United. Terlebih lagi selama ini mereka hanya dianggap sebagai “Tetangga yang berisik” atau Noisy Neighbouroleh pendukung MU. Memenangkan laga melawan Everton bakal menjadi ajang pemanasan bagi Manchester City guna mengangkat trofi juara di kandang Manchester United pada pertandingan selanjutnya.

Jika melihat pada kekuatan Manchester City sepanjang musim ini/ kemenangan bukanlah hal yang mustahil. The Citizens hingga pekan ke-30 baru sekali terkalahkan dan telah meraih 26 kemenangan yang membuat mereka unggul 16 poin dari Manchester United di peringkat kedua.

Pasukan asuhan pelatih Josep Guardiola ini nyaris tampil tanpa cela sepanjang musim ini. Guardiola berhasil mengubah Manchester City menjadi kekuatan yang menakutkan tidak hanya di Inggris tapi juga di kancah Eropa.

Kendati begitu, Everton bakal menjaga harga diri mereka saat menjamu Manchester City. Setelah mengamankan diri dari jerat degradasi, tim yang ditangani pelatih Sam Allardyce bakal mencoba menjadi satu-satunya tim yang belum dikalahkan Manchester City dengan meraih hasil positif pada pertandingan ini.

Walau tengah dihantam badai cedera, Everton bukan tidak memiliki peluang untuk memberikan kejutan bagi Manchester City. Apalagi Allardyce terkenal sebagai pelatih yang mampu memberikan kejutan bagi tim-tim besar kendati hanya menangani tim gurem.

Everton vs Manchester City
Premier League 2017/18, pekan ke-31, Sabtu (31/3)
Stadion Goodison Park, Liverpool
Wasit: Paul Tierney

Perkiraan pemain:
Everton (4-2-3-1)
Pickford
Coleman, Keane, Jagielka, Baines
Gueye, Rooney
Walcott, Davies, Bolasie
Tosun
Pelatih: Sam Allardyce

Manchester City (4-3-3):
Ederson
Walker, Kompany, Otamendi, Delph
Bruyne, Fernandinho, Silva
Sterling, Jesus, Sane
Pelatih: Josep Guardiola

Lima pertandingan terakhir Everton:
10/02/18 Everton 3 – 1 Crystal Palace
25/02/18 Watford 1 – 0 Everton
03/03/18 Burnley 2 – 1 Everton
10/03/18 Everton 2 – 0 Brighton & Hove Albion
17/03/18 Stoke City 1 – 2 Everton

Lima pertandingan terakhir Manchester City
25/02/18 Arsenal 0 – 3 Manchester City
02/03/18 Arsenal 0 – 3 Manchester City
04/03/18 Manchester City 1 – 0 Chelsea
08/03/18 Manchester City 1 – 2 Basel
13/03/18 Stoke City 0 – 2 Manchester City

Pertemuan terakhir:
22/08/17 Manchester City 1 – 1 Everton
15/01/17 Everton 4 – 0 Manchester City
15/10/16 Manchester City 1 – 1 Everton
28/01/16 Manchester City 3 – 1 Everton
14/01/16 Manchester City 0 – 0 Everton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *