Bruno Conti Sanjung Pencapaian Eusebio Bersama Roma

Legenda Roma, Bruno Conti, menyanjung pelatih Giallorossi –julukan Roma, Eusebio di Francesco, yang mampu secara luar biasa mengalahkan Barcelona 3-0 di leg II perempatfinal Liga Champions 2017-2018, Rabu 11 April 2018 dini hari WIB. Atas kemenangan tersebut, Roma pun berhak untuk melaju ke semifinal Liga Champions dengan agregat akhir 4-4 dengan unggul agresivitas gol tandang.

Sebelumnya, pada leg I Roma diporak-porandakan Barcelona di Camp Nou. Akan tetapi, kekalahan tersebut ternyata tidak membuat tim ibu kota Italia itu patah semangat. Mereka mampu mencetak tiga gol melalui Edin Dzeko (6’), Daniele De Rossi (58’), dan gol pengunci kemenangan oleh Kostas Manolas (82’).

Lantas, epic comeback yang diperlihatkan Roma dalam laga itu, dibanding-bandingkan dengan pencapaian Roma ketika melakoni semifinal Liga Champions 1983-1984 oleh Conti. Pada turnamen tersebut, Roma yang sebelumnya dikalahkan 0-2 oleh Dundee United, mampu membalikkan keadaan menjadi 3-0 saat leg II yang berlangsung di kandang mereka sendiri.

“Saya bisa mengatakan ya (Terkait adakah persamaan dengan semifinal Liga Champions 1983-1984 dengan Roma ketika menyingkirkan Barcelona). Pada waktu itu, kami memiliki tim yang sangat hebat. Kami memiliki keinginan untuk membalikkan keadaan dan pada akhirnya kami pun sukses,” ucap Conti, dikutip dari Football Italia, Kamis (11/4/2018).

“Di Francesco memiliki keuntungan karena bermain di kandang Roma, jadi dia tahu bagaimana lingkungan itu dengan baik. Dia tahu apa artinya bermain di sana dan bagaimana cara memuaskan kemauan para fans,” tambah pria berpaspor Italia itu.

“Apa yang sudah dia (Di Francesco) lakukan sebagai pelatih sangat penting. Dia mengubah taktik permainan hanya dalam waktu tiga hari. Saya bilang kepada Franscesco Totti, apabila kita bermain seperti itu di leg I, mungkin kami bisa mengalahkannya juga,” lanjut pria berusia 63 tahun itu.

Dengan pencapaian tersebut, Conti pun sangat bangga dengan timnya dulu itu. Pasalnya, sudah 34 tahun lamanya Roma tidak pernah mencapai semifinal Liga Champions. Kini Roma dan Liverpool yang juga dipastikan lolos ke semifinal, akan menunggu pertandingan Real Madrid vs Juventus dan Bayern Munich kontra Sevilla untuk menentukkan siapa lawan mereka di semifinal Liga Champions 2017-2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *