Bukan De Bruyne atau Sterling, Bintang City Saat Ini adalah Guardiola

Keberhasilan Manchester City melaju dengan mantap saat ini adalah berkat peran serta satu bintang utama: Pep Guardiola sang manajer.

Begitu pendapat dari Jamie Carragher, mantan pemain timnas Inggris yang sekarang menjadi analis sepakbola, dalam tulisannya di Sky Sports.

Carragher mengatakan hal tersebut menyusul keberhasilan City mengalahkan Newcastle United 1-0, Kamis (28/10/2017) dini hari WIB. Gol tunggal City dicetak oleh Raheem Sterling, memanfaatkan assist Kevin De Bruyne.

Itu merupakan gol ke-13 Sterling di Premier League musim ini, terpaut lima saja dari Harry Kane selaku top skorer sementara. Sementara De Bruyne sudah membuat sembilan assist sejauh ini, terbanyak di antara pemain lain di liga.

Tambahan tiga poin tersebut membuat The Citizens kini memuncaki klasemen sementara Premier League 2017/2018 dengan 58 poin, unggul 15 angka dari Manchester United di posisi kedua. City satu-satunya tim yang belum terkalahkan sejauh ini.

“Buat saya Pep Guardiola adalah bintang Manchester City saat ini,” kata Carragher.

Secara khusus ia menyoroti kepiawaian Guardiola meramu materi pemain di dalam timnya, termasuk kejeliannya memasang beberapa pemain di luar posisi aslinya. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu pun mampu memaksimalkan kemampuan sejumlah pemain.

“Malam ini Fernandinho main jadi bek tengah, juga Eliaquim Mangala, yang tampak tak diinginkan manajer sebelumnya, dan Danilo main sebagai bek kiri,” ujar Carragher.

“Untuk menganalisis seberapa bagusnya City terkadang Anda melihat nama-nama pemainnya di atas kertas dan tak semua bisa rutin masuk kesebelasannya. Saya tahu ada pembahasan (Manajer MU) Jose Mourinho yang bilang ia butuh uang lebih banyak, tapi cermati betapa meningkatnya dua pemain di bawah arahan Guardiola.”

“De Bruyne kini jadi pemain terbaik di Premier League dan bisa jadi salah satu yang terbaik di dunia, jika memang belum. Peningkatannya terjadi di bawah arahan Guardiola. Awal karier Raheem Sterling di Manchester City tidak oke dan ia pun bukan pemain reguler, tapi kini ia sudah jadi salah satu pemain terbaik Premier League pada posisinya.”

“Cermati peningkatan mereka. Ini bukan cuma perkara membelanjakan uang, semua klub top di dunia melakukannya, itu memang harus dilakukan. Tapi ia sudah membuat peningkatan pada pemain dan itu mengapa mereka unggul jauh dari Manchester United,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *