Bukan Messi, Ini 4 Pengumpan Terbaik yang Luput dari Sorotan

Lionel Messi terpilih sebagai pengumpan terbaik versi IFFHS pada 2016 lalu. Padahal, Messi di awal kariernya diplot sebagai striker meski lebih kerap bermain melebar.
Sepak bola tidak hanya mengandalkan pengatur serangan atau penyerang untuk mencetak kemenangan. Karena sering kali penikmat sepak bola dunia disuguhkan daftar pencetak gol terbaik tanpa melihat bagaimana proses gol tersebut terjadi. Padahal ada hal yang jauh lebih penting dari itu, yakni kolektivitas tim.

Yang menjadi pembahasan kali ini adalah bagaimana kontribusi seorang pengumpan seperti Messi yang sering kali luput dari pemberitaan. Pada zaman sepak bola yang sudah modern saat ini, biasanya, torehan assist terbanyak dibukukan oleh pemain gelandang. Namun, tak jarang pemain bertahan atau penyerang juga berperan sebagai pelayan selain bertugas menjebol gawang lawan.Boleh dikatakan, kreativitas adalah raja dan pemain kreatif harta tak ternilai. Kebanyakan pemain kreatif cenderung lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama skuatnya, karena mereka dianggap mampu menciptakan peluang maupun mencetak gol.Meskipun sebagian penikmat sepak bola sudah mengetahui siapa saja pengumpan terbaik di musim ini. Tapi tidak ada salahnya untuk melihat dokumentasi pemain paling kreatif di Eropa selain Messi.Berikut 4 pengumpan berbahaya di Eropa yang dirangkum dari berbagai sumber:

sports-okezone.com daftar sbobet Sumber: Liputan6