Cegah Kasus Choirul Huda, Komite Medis PSSI Berguru ke AFC

Komite medis Asian Football Federation (AFC) menyelenggarakan pelatihan tentang kegawat daruratan medis sepakbola dan program anti doping di St. Luke Medical Center Manila , Filipina sejak tanggal 31 Oktober 3 November 2017. Pelatihan ini melibatkan 60 dokter olahraga dari 15 negara kawasan Asia tenggara dan Asia Timur ditambah Australia.

Dan PSSI melalui Komite Medis dr.M.Ikhwan Zein, dokter spesialis kedokteran olahraga yang dikirim mengikuti pelatihan tersebut.

PSSI merasa terhormat mendapat prioritas mengikuti seminar ini dari anggota AFC lainnya, dan pastinya ilmu ini sangat berguna bagi sisi medis sepakbola kita. Dan memang sudah semestinya kita bersamasama terus sadarkan masyarakat tentang risiko dan pentingnya medis dalam penyelenggaraan sepakbola, kata Zein.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dokter di wilayah Asia Tenggara di bidang Football Medicine . Kualifikasi peserta pun diseleksi secara ketat oleh AFC karena harapannya mereka yang telah tersertifikasi pelatihan ini mampu menjadi instruktur medis dan menyebarkan ilmunya di federasi negara masingmasing.

Datang sebagai pembicara utama ialah Professor Efraim Kramer, dokter spesialis kegawatdaruratan (emergency) yang merupakan anggota komite medis FIFA dan tim medis untuk Piala Dunia Russia 2018.