Dituduh Dapat Bantuan dari Wasit, Ini Pembelaan Guardiola

Manchester City memenangkan laga sengit kontra Arsenal. Tampil di Etihad Stadium, Minggu (5/11/2017) malam WIB, City menang 3-1 berkat gol Kevin Ge Bruyne, Sergio Aguero serta Gabriel Jesus.

Namun pertandingan itu tak lepas dari sejumlah keputusan kontroversial yang dikeluarkan wasit. Menurut Arsene Wenger, gol kedua dan ketiga City seharusnya tidak terjadi. Sebab wasit tidak jeli dalam melakukan penilaian sehingga merugikan tim asuhannya.

“Tahun lalu mereka (Manchester City) mencetak dua gol yang seharusnya offside dan hal itu terjadi sekali lagi. Menurut saya, wasit tidak bekerja dengan benar. Dalam posisi 2-1, kami berada dalam kendali permainan. Tapi wasit memberikan gol yang seharusnya offside dan tentu saja keputusan itu membunuh kami semua,” ungkapnya pada Sky Sports.

Gol kedua City terjadi lewat situasi tendangan penalti. Hukuman penalti itu sendiri diberikan karena ada pelanggaran terhadap Raheem Sterling di area kotak terlarang. Namun jatuhnya Sterling terus menjadi perdebatan. Banyak yang menyebut kalau sang pemain hanya memanfaatkan keadaan untuk jatuh di dalam kotak penalti sehingga mendapat hadiah tendangan 12 pas.

Gol ketiga City juga tak lepas dari perbincangan. Dalam tayangan ulang, terlihat jelas posisi David Silva yang sudah terperangkap offside. Namun wasit terus membiarkan laga berjalan sehingga Silva bisa memberikan umpan yang sukses dimaksimalkan Gabriel Jesus menjadi gol.

Disinggung mengenai hal tersebut, Josep Guardiola merasa tak mendapat bantuan apapun dari wasit. Menurutnya City memang tampil lebih baik dari kubu Meriam London.

“Kami menang karena tampil lebih baik dari mereka. Kami pantas dengan kemenangan ini,” ucap pelatih City tersebut.

“Mereka bilang gol kami seharusnya offside? Saya tak suka menang dengan cara seperti itu. Para pemain sudah bekerja dengan baik dan hasilnya memang pantas kami raih,” tegasnya.

Pembelaan juga diutarakan Kevin De Bruyne. Gelandang kebangsaan Belgia itu menganggap wasit sudah bekerja secara benar.

“Arsenal tim yang berkualitas, tapi kami memiliki lebih banyak peluang dan gol ketiga terjadi pada momen yang tepat. Mungkin kami mendapat keuntungan dari wasit. Tapi hukuman penalti yang diberikannya sudah jelas. Dia memang harus memberikan penalti,” jelas De Bruyne.

“Semakin sering Anda menang, maka semakin banyak pula tim lain yang ingin mengalahkan. Ini awal yang bagus buat kami. Jadi kita nantikan saja pertandingan berikutnya,” tambahnya.

Berkat kemenangan ini, tim asuhan Josep Guardiola makin kokoh di puncak klasemen Liga Primer Inggris. Mereka memiliki 31 poin, unggul 12 angka dari Arsenal yang menempati peringkat keenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *