FIFA Umumkan Bola Resmi Piala Dunia 2018

Zurich FIFA, melalui situs resminya pada Kamis (9/11/2017), mengumumkan bola resmi untuk Piala Dunia 2018. Bola tersebut diberi nama Telstar 18.

Telstar 18 tercipta berkat kerja sama FIFA dengan perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas. Bola tersebut menggabungkan model klasik dengan desain dan teknologi modern.

Telstar 18 menggabungkan model klasik dengan desain dan teknologi modern. Dalam merancang Telstar 18, Adidas dan FIFA terinspirasi bola yang digunakan pada Piala Dunia 1970. Kala itu, Adidas menciptakan bola Telstar edisi pertama.

“Bola Telstar pertama merupakan salah satu yang paling ikonik sepanjang masa. Hal itu membuat kami menciptakan Telstar 18 mirip dengan aslinya, tetapi dengan teknologi terbaru,” kata Director of Football Hardware Adidas, Roland Rommier.

Nama Telstar berasal dari kata bintang televisi. Bola edisi pertama tersebut memiliki motif hitam untuk mengakomodasi televisi berlayar hitamputih.

Kini, 50 tahun berselang, Telstar 18 memiliki teknologi yang lebih maju seperti NFC (Nearfield communication) chip, bahan yang dapat didaur ulang, dan interaksi dengan bola melalui smartphone.

“Struktur panel baru dan tambahan NFC Chip membuat inovasi sepak bola ke level berbeda dan juga dapat membuat para pemain mendapatkan pengalaman yang baru di Piala Dunia 2018,” Rommler menambahkan