Gara-Gara Kewell, Liverpool Batal Datangkan Ronaldo

Mantan Manajer Liverpool, Gerard Houllier, mengungkapkan kehadiran Harry Kewell membuat The Reds mengurungkan niat mereka untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo pada 2003 lalu.

Ronaldo saat itu baru berusia 18 tahun dan masih memperkuat Sporting Lisbon. Liverpool pun sempat tertarik mendatangkannya.

“Saya melihat Ronaldo di turnamen Toulon U21 dan kami mendatanginya. Tapi kami memiliki batasan gaji dan kami tidak bisa membayar gaji seperti yang dia inginkan,” kata Houllier seperti dilansir Soccerway.

“Kemudian Manchester United bermain laga persahabatan melawan Sporting Lisbon dan semua pemain mereka berkata kepada Sir Alex Ferguson, Anda harus membelinya, Tapi saya setuju dengan tidak melanggar struktur gaji. Saya pikir itu akan menimbulkan masalah di ruang ganti kami.”

Ketimbang mengejar Ronaldo, Liverpool malah mendatangkan Kewell dari Leeds United. Pemain asal Australia itu kemudian membela The Reds selama lima musim, tapi sering sekali mengalami cedera.

“Mungkin kami akan memenangi gelar bersama Ronaldo, tapi kami memiliki Harry Kewell, yang luar biasa saat itu dan sangat lapar, tapi mengalami cedera parah. Setelah itu, dia tidak pernah memiliki kepercayaan diri dan rasa lapar yang sama,” Houllier menambahkan.

Selama membela Liverpool, Kewell tampil dalam 138 pertandingan. Ia juga menyumbangkan 16 gol dan 15 assist.