Guardiola Enggan Samakan Manchester City dengan Barcelona

Penampilan luar biasa yang ditunjukkan Manchester City sepanjang musim kompetisi 2017-2018 membuat klub berjuluk The Citizens itu kini disamakan dengan sejumlah klub elite Eropa, di mana salah satunya adalah Barcelona. Menanggapi hal tersebut, Pelatih Man City, Josep Guardiola, justru enggan bersikap jemawa.

Tak bisa dimungkiri, kebesaran yang didapat Man City saat ini tak lepas dari investasi luar biasa pemilik mereka dalam satu dekade terakhir. Namun, baru di bawah kepemimpinan Guardiola inilah Man City benar-benar dipandang sebagai salah klub yang disegani di daratan Eropa.

Pasalnya, di bawah arahan Guardiola, kubu Manchester Biru tidak hanya mendapat hasil akhir yang memuaskan (kemenangan), namun juga menampilkan permainan yang menghibur. Lini tengah Man City mampu mengkreasikan berbagai peluang, sedangkan lini serang mereka selalu efektif memaksimalkan peluang-peluang tersebut.

Kegemilangan yang ditampilkan Man City sekarang, membuat banyak pihak menyamakannya dengan masa keemasan Barcelona. Namun, pelatih asal Spanyol itu enggan besar kepala. Menurutnya, Man City besutannya kini baru memulai langkah awal. Bahkan saat ini, mereka baru memenangkan satu trofi, hal itu disebutnya tak bisa disamakan dengan Barcelona yang telah memenangkan banyak trofi, termasuk Liga Champions.

“Tim itu (Barcelona) mendominasi dalam dekade terakhir, dan memiliki 15-20 tahun dengan pelatih dan pemain yang berbeda-beda. Sedangkan kami baru memenangkan satu trofi. Untuk disamakan dengan seperti mereka, Anda harus di sana untuk waktu yang lama,”ucap Guardiola, seperti dilansir Manchester Evening News, Kamis (8/3/2018).

“Ini benar-benar pemain yang berbeda. Mereka telah memenangkan banyak trofi di masa lalu. Kami baru. Kami baru memenangkan satu gelar, ini tidak bisa dibandingkan. Tidak bagus bagi kami membandingkan dengan satu tim,” lanjut Guardiola.

Tidak hanya Guardiola, gelandang Man City, Ikay Gundogan pun mengakui kalau timnya saat ini masih belum bisa disejajarkan dengan klub elite Eropa lainnya, seperti Barca, Real Madrid, hingga Bayern Munich. Menurutnya, Man City masih memerlukan waktu untuk membuktikan diri.

“Orang-orang suka memandang kami di level yang sama dengan Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich – tapi kami tetap merasa jika kami berkompetisi dengan mereka, level kami belum di sana. Jika kami harus bertanding melawan mereka suatu hari, kami ingin bertanding dengan siap,” ungkap Gundogan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *