Ini Penyebab Aguero-Gabriel Jesus Jarang Main Bareng di Man City

Manchester Pep Guardiola mengungkapkan cederanya bek kiri, Benjamin Mendy membuat Sergio Aguero dan Gabriel Jesus sulit bermain bersama di lini depan Manchester City.

Aguero dan Gabriel Jesus pernah diduetkan oleh Guardiola dalam formasi 4312 pada awal musim. Namun, cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang dialami Benjamin Mendy saat mengalahkan Crystal Palace 50, 23 September, memaksa Guardiola mengubah formasi.

Dalam sembilan laga terakhir, Guardiola kembali ke skema 433 yang merupakan formasi andalannya bersama Barcelona maupun Bayern Munchen. Hanya saja, formasi ini membuat Aguero dan Gabriel Jesus harus berbagi menit bermain untuk menempati posisi targetman di lini depan Manchester City.

“Saat Anda punya Mendy, dia bisa bermain melebar dan penyerang sayap bisa masuk ke dalam. Fabian Delph tidak bisa melakukan hal itu,” ujar Guardiola.

“Tanpa Mendy, Leroy Sane harus bermain melebar, itulah mengapa mereka (Aguero dan Gabriel Jesus) tidak bisa bermain bersama. Sergio dalam kondisi fit. Bagi saya, dia sangat tangguh, begitu pula Gabriel,” sambungnya.

Rotasi yang dilakukan Guardiola untuk Aguero dan Gabriel Jesus tidak mengurangi ketajaman Manchester City yang berstatus tim paling produktif di Premier League dengan torehan 40 gol. Saat ini, Aguero dan Jesus masingmasing sudah mencetak 10 gol di semua kompetisi bagi Manchester City.