Juventus dan Manchester City ke Perempat Final

Juventus dan Manchester City lolos ke babak perempat final Liga Champions. Keduanya meraihnya dengan cara berbeda.

Juve melenggang setelah mampu memetik kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur di leg kedua di Wembley, Kamis (8/3) dini hari WIB. Dengan hasil ini maka Juve meraih kemenangan agregat 4-3, setelah di leg pertama bermain imbang 2-2. Kemenangan tersebut membawa pasukan Bianconeri melangkah lebih jauh dengan keunggulan agregat 4-3

Lolosnya Juve diraih secara dramatis. Tim asal Italia itu mendapat tekanan dari Spurs sejak menit awal. Gawang Juve mendapat ancaman pertama dari Harry Kane yang mampu melewati adangan kiper Gianluigi Buffon. Beruntung, tendangan Kane masih melebar.

Serangan bertubi-tubi Juve akhirnya membuahkan hasil di menit 39 lewat gol pembuka Son Heung-min. Sepakan kaki kanan yang meneruskan umpan tarik mendatar Kieran Trippier dari sisi kanan gagal diamankan Buffon. Skor 1-0 untuk Spurs bertahan sampai babak pertama berakhir.

Pergantian pemain yang dilakukan Juve dengan memainkan Kwadwo Asamoah dan Stephan Lichsteiner memberikan perubahan. Menit 64, Juve menyamakan skor lewat gol Gonzalo Higuain.

Gol tersebut memacu motivasi I Bianconeri. Tiga menit berselang, Paulo Dybala lolos dari jebakan off-side Spurs saat menerima umpan terobosan Higuain dan dengan tenang menaklukkan Hugo Lloris dalam situasi satu lawan satu. Skor 2-1 untuk kemenangan Juve bertahan sampai laga berakhir.

City Kalah
Berbeda dengan Manchester City yang justru dipermalukan Basel 2-1 di Etihad Stadium. Namun mereka tetap berhak lolos dengan kemenangan agregat 5-2. Pasalnya City memiliki modal kemenangan 4-0 di leg pertama.

Satu kaki yang sudah berada di perempat final itulah yang membuat Pelatih Pep Guardiola mengistirahatkan banyak pemain pentingnya. Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, Ederson dan David Silva diistirahatkan.

City sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Gabriel Jesus di menit 8. Namun kemudian Basel mampu menyamakan skor lewat gol Mohamed Elyounoussi di menit 17 dan gol penentu kemenangan yang dicetak Michael Lang di menit 71.

Ini menjadi kekakalahan kandang pertama di semua kompetisi sejak Desember 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *