Libas West Ham, Newcastle Tinggalkan Zona Degradasi

Newcastle United memberikan kado Natal untuk para pendukungnya berupa kemenangan 3-2 atas West Ham United, sekaligus meninggalkan zona degradasi pada pertandingan pekan ke-18 di London Stadium, Sabtu.

Pasukan besutan Rafa Benitez itu meninggalkan posisi 18 untuk naik ke peringkat 15 dengan perolehan 18 poin, atau unggul dua angka dari Bournemouth yang saat ini turun ke peringkat 18. Di sisi lain, kekalahan ini membuat West Ham turun ke peringkat 17 dan hanya berjarak satu poin dari zona degradasi.

Tambahan tiga poin ini juga menandai berakhirnya catatan 10 laga tanpa kemenangan yang diderita The Toon Army sejak 21 Oktober 2017.

Pertandingan seolah berjalan sesuai rencana bagi West Ham yang unggul 1-0 lewat gol Arnautovic yang memanfaatkan kesalahan pemain Newcastle, Henry Saivet, yang salah mengirimkan bola pada menit 6.

Saivet mampu membayar kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang pada menit 10 setelah menyambar umpan tendangan bebas.

Newcastle nyaris unggul 2-1 jika tandukan Gayle tidak membentur tiang gawang pada menit 18. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Mohamed Diame mencetak gol ke gawang besak klubnya untuk membawa Newcastle unggul 2-1 pada awal babak kedua. Gol itu bermula dari manuver Christian Atsu yang melewati Zabaleta sebelum mengirimkan umpan tajam ke arah Diame.

Melalui serangan balik, Christian Atsu menambah keunggulan Newcastle setelah bermain umpan satu dua sentuhan dengan Joselu kemudian menyontek bola yang tak mampu dihentikan Adrian apda menit 61.

Sepakan rebound Ayew dari bola sepak pojok sempat memberikan asa bagi West Ham untuk menyamakan kedudukan, namun skor 3-2 bertahan hingga laga usai, demikian laman Premier League.

Susunan pemain:

West Ham: Adrian, Zabaleta, Reid, Ogbonna, Cresswell, Masuaku, Kouyate, Obiang, Arnautovic, Ayew, Antonio
Cadangan: Hart, Carroll, Sakho, Hernandez, Collins, Quina, Rice

Newcastle: Elliot, Yedlin, Clark, Lascelles, Manquillo, Diame, Saivet, Ritchie, Atsu, Gayle, Joselu
Cadangan: Darlow, Dummett, Murphy, Aarons, Perez, Mbemba, Haidara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *