Liverpool di Bawah Tekanan untuk Finis Empat Besar

Juergen Klopp mengakui Liverpool di bawah tekanan untuk menjaga posisi di empat besar. Bukan dari luar, tekanan untuk Liverpool datang dari diri mereka sendiri.

Liverpool saat ini menempati peringkat empat klasemen dengan 35 poin. Tapi posisi mereka relatif tak aman karena Tottenham Hotspur dan Arsenal hanya terpaut satu poin di bawahnya.

Sejauh ini, Liverpool memang hanya kalah dua kali dalam 19 pertandingan yang sudah dijalani di Premier League. Tapi mereka sudah imbang delapan kali, paling banyak di antara tim-tim Premier League (sama dengan West Bromwich Albion). Terakhir, Liverpool bermain imbang 3-3 dengan Arsenal setelah sempat unggul dua gol.

Klopp menilai Liverpool sebenarnya sudah tampil bagus. Yang perlu dipertahankan oleh Mohamed Salah dkk. adalah menjaga konsistensi demi posisi di empat besar.

“Kami adalah tim, jadi jika satu orang membuat kesalahan dan yang lain tidak bisa membantu, kami bertanggung jawab. Saya bertanggung jawab, betapa saya selalu katakan, dan saya merasakannya,” Klopp mengatakan seperti dikutip¬†ESPN FC.

“Tapi performanya bagus dan kami harus tampil bagus. Jika kami tampil bagus, kami akan bertahan (di posisi keempat), atau kami bisa mendaki lagi. Jika kami tidak tampil bagus, kami tidak pantas mendapatkannya, jadi kami ada di bawah tekanan, tekanan kami sendiri.”

Usai imbang melawan Arsenal, Liverpool akan menjalani laga di Boxing Day melawan tim juru kunci, Swansea City, Rabu (27/12/2017) dini hari WIB.

“Dalam liga yang sangat sulit, secara performa kami benar-benar konsisten sejauh ini. Jika kami tetap konsisten dan menghindari kesalahan, kesalahan seperti di hari Jumat (melawan Arsenal), kami akan menang lebih banyak daripada imbang atau kalah,” Klopp melanjutkan.

“Demikianlah dan akan begitu pula saat melawan Swansea, kami harus tampil bagus lebih dulu dan kemudian kami harus melihat bagaimana tim lain bereaksi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *