Makna Isyarat Ssst Mourinho di Mata Neville

Manajer Manchester United Jose Mourinho memperlihatkan “isyarat ssst” akhir pekan lalu. Gary Neville memaknainya sebagai penegas Mourinho akan melakukan segala sesuatu dengan caranya.

Gol tunggal Anthony Martial memastikan kemenangan MU dengan skor 10 ketika menjamu Tottenham Hotspur akhir pekan lalu. Tambahan poin penuh memastikan The Red Devils bertahan di peringkat dua klasemen.

Segera setelah peluit akhir laga itu berbunyi, Mourinho juga menaruh jari telunjuknya di bibir seraya melihat ke arah kamera. Sebuah “isyarat ssst”.

Hal itu dilakukan Mourinho karena merasa terlalu banyak omongan iniitu terkait taktik dan strateginya, bahkan cemoohan dari sejumlah suporter MU sendiri ketika Martial masuk menggantikan Marcus Rashford saat menghadapi Spurs.

Neville, mantan pemain MU yang kini menjadi analis sepakbola, menyebut bahwa Mourinho memang sudah memiliki gagasan khusus ketika memperlihatkan isyarat tersebut.

“Saya pikir (reaksi) itu datang dari seseorang yang merasa sudah dikritik secara tidak adil dalam beberapa pekan terakhir,” kata Neville dalam acara Monday Night Football di Sky Sports.

“Ia ingin mengatakan, Saya sudah bilang, tutup mulutmu, saya tahu dengan apa yang saya lakukan, saya pegang kendali, saya seorang pemenang. Saya pikir ia sekarang menyadari harus memperlihatkan bahwa caranya bisa berhasil, ia tak peduli perkataan orang lain.”

“Isyarat itu adalah caranya mengatakan, Diam saja, saya akan melakukan segalanya dengan cara saya sendiri, saya akan menang lewat cara sendiri,” tuturnya.