Menilik Betapa Hebatnya Keberhasilan Roma Singkirkan Barca

AS Roma secara mengejutkan sukses mencapai babak semifinal Liga Champions 2017-18. Yang membuat pencapaian ini menjadi istimewa adalah karena Roma harus menyingkirkan Barcelona setelah sempat tertinggal agregat 1-4.

Sepanjang sejarah Liga Champions versi saat ini (dimulai tahun 1992) hanya ada dua tim yang bisa membalik ketertinggalan agregat tiga gol. Yang pertama adalah Deportivo La Coruna. Setelah tertinggal 1-4 dari AC Milan pada leg pertama, bisa menang 4-0 pada leg kedua.

Yang kedua adalah Barcelona sendiri. Barca kalah 0-4 dari PSG pada leg pertama babak 16 besar di Parc des Princes. Mereka bisa membalik keadaan dengan meraih kemenangan dramatis 6-1 saat bermain di Camp Nou.

Roma menjadi tim ketiga yang bisa membalik ketertinggalan tiga gol atau lebih ini.

3 – @OfficialASRoma have become only the third side in Champions League history to overturn a 3+ goal deficit after the first leg in the knockout stages to progress after Deportivo vs Milan in 2003-04 and Barcelona vs PSG last season. Heroic. #RomaBarcellona pic.twitter.com/0CSYN2lWDE

— OptaPaolo (@OptaPaolo) April 10, 2018

Yang membuat pencapaian Roma kali ini lebih istimewa adalah fakta bahwa Barca sangat tangguh musim ini. Sebagai buktinya, Barca baru kebobolan tiga gol sepanjang keikutsertaan mereka di Liga Champions musim ini. Barca kebobolan masing-masing satu gol saat bertemu Olympiakos, Chelsea, dan Roma.

Artinya, sebelum laga dimulai, Roma harus bisa mencetak gol sejumlah total kebobolan Barca musim ini. Secara statistik, target itu tentu tidak realistis. Tapi Roma membuktikan bahwa lewat kerja keras, semuanya bisa dicapai dalam sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *