Mertesacker Akui Dirinya Sering Gugup Sebelum Bertanding

Bek Arsenal Per Mertesacker mengakui dirinya masih sering merasa gugup sebelum bermain dalam laga besar. Dirinya merasa masih sulit untuk menikmati momen menjelang pertandingan.

Mertesacker bergabung bersama The Gunners pada tahun 2011 setelah diboyong dari klub lamanya, Werder Bremen. Pemain berusia 33 tahun tersebut telah bermain sebanyak 220 pertandingan di semua kompetisi bersama Arsenal.

Meskipun telah lama malang melintang dalam dunia sepakbola, namun hingga saat ini Mertesacker masih sering merasakan gugup menjelang pertandingan. Ia bahkan sering mengalami sakit perut karena tekanan yang dialaminya.

“Dalam momen sebelum pertandingan perut saya berputar dan membuatku ingin muntah. Saya harus mencekik diri saya sangat keras sampai mata saya berair,” ungkapnya kepada Spiegel.

Ia merasakan sulitnya mengatasi beban yang ia terima menjelang pertandingan. Bahkan, hal tersebut sampai mempengaruhinya secara fisik dan mental.

“Suatu hari nanti anda akan menyadari bahwa semuanya adalah beban, baik untuk fisik maupun mental,” lanjutnya.

“Itu semua tidak menyenangkan, namun anda harus bermain tanpa keraguan. Bahkan jika anda mengalami cedera,” tandasnya.

Meskipun masih sering merasa gugup, namun pengalaman sang pemain tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia telah membela tim nasional Jerman sebanyak 104 kali selama sejak tahun 2004 hingga 2014. Sang pemain bahkan pernah membawa Jerman juara Piala Dunia pada tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *