Mkhitaryan-Aubameyang Langsung Unjuk Kebolehan

Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang menjalani debut sebagai starter kala Arsenal menjamu Everton. Keduanya langsung unjuk kebolehan.

Mkhitaryan dan Aubameyang sama-sama baru bergabung dengan Arsenal di bursa transfer Januari lalu. Khusus untuk Mkhitaryan, debutnya secara resmi sudah berlangsung saat masuk sebagai pengganti, saat Arsenal kalah 1-3 dari Swansea City di laga tengah pekan.

Kedua pemain ini lantas langsung diturunkan sebagai starter saat The Gunners menjamu Everton di Emirates Stadium, Minggu (4/2/2018) dinihari WIB. Untuk Aubameyang ini adalah debut resminya, sementara bagi Mkhitaryan ini merupakan debutnya sebagai starter.

Meski merupakan muka baru, keduanya terlihat sudah cukup klop dengan permainan tim. Mkhitaryan dan Aubameyang bahkan sudah langsung berkontribusi pada gol pertama Arsenal yang dicetak Aaron Ramsey pada menit keenam.

Gol itu berawal dari umpan Mesut Oezil ke Aubameyang di depan kotak penalti. Berdiri membelakangi gawang, Aubameyang langsung meneruskannya ke Mkhitaryan yang berlari di sisi kanan.

Mkhitaryan pun tak lama memegang bola. Di kesempatan pertama, dia langsung melepaskan umpan silang mendatar yang disambar Ramsey. Itu adalah satu dari lima gol yang diciptakan Arsenal, yang menang telak 5-1 di laga tersebut.

Pada akhirnya, Mkhitaryan mencetak tiga assist di laga ini, sementara Aubameyang membuat satu gol. Sebuah catatan yang bisa dibilang mengesankan di awal karier keduanya bersama ‘Meriam London’.

Mkhitaryan dan Aubameyang bahkan bisa saja mengukir catatan lebih baik lagi, karena sama-sama punya sejumlah peluang bagus. Mkhitaryan punya dua peluang bagus, namun yang pertama berakhir melenceng tipis di samping gawang dan yang kedua masih tepat ke arah kiper.

Sedang Aubameyang punya setidaknya satu kesempatan lain yang bagus, saat menyambar umpan silang Ramsey. Tembakannya diblok bek Everton dan cuma menghasilkan korner.

Untuk Mkhitaryan, Opta mencatat bahwa dia adalah pemain Arsenal pertama yang bisa mencatatkan tiga assist atau lebih di partai Premier League sejak Mei 2013. Catatan sebelumnya diukir oleh Santi Cazorla yang bikin empat assist sekaligus di satu partai.

Baik Aubameyang maupun Mkhitaryan merasa amat puas dengan kemenangan ini.

“Saya sangat senang. Kami memenangi laganya di babak pertama. Babak kedua memang situasinya sedikit berbeda. Tapi secara keseluruhan senang dengan hari ini,” kata Aubameyang kepada BT Sport, dikutip BBC.

“Saya sangat senang. Ini kemenangan yang pantas. KAmi harus terus melakukan hal yang sama untuk memenangi laga berikutnya dan mengincar poin lebih banyak,” sambung Mkhitaryan.

“Kami memainkan sepakbola menyerang yang sangat bagus. Babak kedua sedikit sulit. Saya sungguh senang dengan cara bermain Arsenal dan berharap melakukan yang terbaik,” tandas gelandang asal Armenia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *