Palace Pernah Batal Gaet Van Dijk karena Dinilai Kurang Gesit

Virgil van Dijk akan jadi bek termahal dunia saat resmi pindah ke Liverpool. Di masa lalu, Crystal Palace rupanya pernah batal merekrutnya dengan harga jauh lebih murah karena ia dinilai lamban.

Saat bursa transfer musim dingin resmi dibuka, bek internasional Belanda berusia 26 tahun itu akan bergabung dengan Liverpool dari Southampton dengan nilai transfer 75 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Seiring dengan ramainya pemberitaan seputar transfer itu, terkuak bahwa Palace pernah punya kesempatan menggaet Van Dijk dengan harga 6 juta pound sterling saja, yang jika dikonversikan saat ini sebesar Rp 109 miliar.

Peluang itu sendiri hadir pada tahun 2014 lalu, ketika Van Dijk masih merumput di Skotlandia bersama Celtic (2013-2015) yang merupakan klub profesional keduanya setelah Groningen.

Pada saat itu Palace pada prosesnya batal merekrut Van Dijk. Ia dinilai tidak cocok untuk sepakbola Inggris yang punya gaya main cepat.

“Ketika saya masih di Palace, sulit sekali mendatangkan pemain,” kata Neil Warnock, manajer sepakbola yang kini menangani Cardiff City, dalam wawancaranya dengan talkSPORT.

“Saya mengincar bek tengah di Celtic, Van Dijk, dan mereka menginginkan 6 juta pound sterling. Saya pun mengatakan, ‘kita harus merekrutnya, kan?’.”

“Pimpinan pemantau bakat kemudian melihatnya bermain dan kemudian mengatakan, ‘Ia tidak terlalu gesit, itu sepakbola Skotlandia’. Itu terjadi sebelum Southampton datang,” tuturnya.

Van Dijk kemudian direkrut Soton pada September 2015, dengan transfer yang dikabarkan berkisar 13 juta pound sterling. Ia sudah dilirik Liverpool sejak musim panas, walaupun transfer baru akan terwujud Januari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *