Pelatih Timnas Inggris Ungkap Kenangan Manis Kontra Tunisia

London Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, punya kenangan manis saat bersua Tunisia. Wakil dari benua Afrika itu merupakan salah satu calon lawan The Three Lions di fase grup Piala Dunia 2018 setelah berlangsungnya undian di Kremlin Palace, Jumat (1/12/2017).

Berdasarkan hasil undian, Inggris menempati grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. Di atas kertas, The Three Lions berpeluang besar untuk lolos ke fase gugur.

Akan tetapi, Southgate meminta skuat asuhannya untuk tidak besar kepala. Hal ini lantaran Inggris kerap mengalami kesulitan jika menganggap remeh lawan.

“Kami punya sejarah menganggap lemah tim lawan dan kalah dari mereka. Kami akan mempersiapkan skuat dengan baik untuk setiap pertandingan,” ujar Southgate kepada BBC Sports.

Satu tim yang menarik perhatian Southgate adalah Tunisia. Sang pelatih punya kenangan manis ketika menghadapi wakil Afrika tersebut semasa masih aktif sebagai pemain.

Southgate merupakan bagian dari skuat Inggris yang menang 20 ketika menghadapi Tunisia pada Piala Dunia 1998. Saat itu, The Three Lions meraih kemenangan melalui gol dari Alan Shearer (42) dan Paul Scholes (89)

“Hal pertama yang saya pikirkan setelah mengetahui hasil undian adalah pertandingan menghadapi Tunisia pada Piala Dunia 1998. Saat itu merupakan hari yang indah,” kata Southgate.

“Timnas Inggris belum memiliki persiapan untuk menghadapi timtim dari Afrika. Kami akan berkonsentrasi kepada hal tersebut setelah mengetahui hasil undian,” imbuhnya.