Phil Foden Bikin Akademi Manchester City Bangga

Machester City Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyebut penampilan Phil Foden pada laga kontra Feyenoord, Selasa (21/11/2017) atau Rabu (22/11/2017) dini hari WIB telah membuat akademi sepak bola Manchester City bangga.

Phil Foden masuk menggantikan posisi Yaya Toure pada menit ke75. Kehadiran pemilik nomor punggung 47 tersebut menciptakan rekor. Foden tercatat sebagai pemain termuda keempat Inggris yang melakoni debut di panggung Liga Champions.

Foden menjadi bagian dari keberhasilan Manchester City menundukkan Feyenoord, pada Matchday 5 Liga Champions musim ini. The Citizens mencetak gol tunggal kemenangan pada menit ke88, melalui Raheem Sterling.

Raihan tiga angka membuat Manchester City memastikan diri lolos ke fase knockout. Armada Pep Guardiola mengoleksi 15 angka, unggul enam poin dari peringkat dua, Shakhtar Donetsk.

“Selamat untuk akademi kami. Manchester City sangat bangga terhadap Foden. Kami memiliki para pemain yang berusia 17 tahun dan 18 tahun yang sudah merasakan aura Liga Champions, dan sekarang saya tinggal memikirkan bagaimana memberikan menit bermain kepada mereka,” jelas Pep Guardiola.

Menurut Pep Guardiola, para pemain seperti Foden memiliki talenta luar biasa, yang membuat skuat Manchester City semakin lengkap. “Skuatku tak terlalu besar, sehingga saya harus memaksimalkan kekuatan yang ada, dan beruntung saya punya anakanak muda yang luar biasa,” terang eks pelatih Barcelona tersebut.

Sang pemberi atensi, Foden mengakui sangat antusias ketika dirinya masuk ke lapangan pada awal babak kedua untuk melakukan pemanasan. “Pelatih memberi kode, dan itu membuatku tegang. Tapi semuanya berjalan baik, dan saya senang timku bisa mencatat kemenangan,” sebutnya.

Pada sisi lain, Pep Guardiola berharap Foden dkk tak cepat meninggalkan Manchester City hanya karena godaan waktu bermain.