Raheem Sterling Dapat Pembelaan Setelah Dianggap Diving

Mantan wasit Premier League, Mark Clattenburg, membela Raheem Sterling dari tudingan Arsene Wenger yang menyebutnya melakukan diving ketika membela Manchester City pada pertandingan Premier League pekan ke11, Minggu (5/11/2017). Clattenburg menilai tudingan Wenger tidak tepat dan Manchester City layak mendapatkan tendangan penalti.

Raheem Sterling dituduh melakukan diving di kotak penalti Arsenal ketika bermain di Etihad Stadium. Ketika itu, Manchester City, yang sudah unggul 10 berkat gol Kevin de Bruyne (19), mendapatkan hadiah penalti pada menit ke50. Wasit Michael Oliver menunjuk titik putih setelah Nacho Monreal melakukan kontak fisik yang menyebabkan Sterling terjatuh.

Wenger berpendapat Sterling melakukan diving. Maklum, Sterling memang dikenal memiliki banyak intrik di kotak penalti lawan, sehingga dianggap sebagai pemain tukang diving.

“Michael Oliver sudah tepat memberikan penalti ketika Nacho Monreal berduel dengan Raheem Sterling. Sterling sangat cerdik karena dia sedikit melambat, sehingga terjadi kontak fisik dengan Monreal yang tidak cukup cepat untuk menghentikannya,” kata Clattenburg, seperti dikutip The Times, Selasa (7/11/2017).

“Meskipun Sterling telah melakukan kesalahan seperti itu di masa lalu, jelas ini adalah pelanggaran. Tidak cukup jelas untuk mengatakan setiap wasit akan memberikan penalti, akan tetapi Wenger menginginkan penalti jika hal yang sama terjadi pada pemain Arsenal,” ucap mantan wasit Premier League itu.

Sergio Aguero yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya sehingga membawa City unggul 20 atas Arsenal. Sepuluh menit berselang pasukan London Utara berhasil memperkecil ketertinggalan berkat gol Alexandre Lacazette.

Kontroversi terus berlanjut ketika Gabriel Jesus mencetak gol pada menit ke74. Gol tersebut menjadi pembahasan karena David Silva terlebih dahulu berada dalam posisi offside sebelum mengirim umpan pada Gabriel Jesus.

Wenger menjadikan hal itu sebagai faktor penyebab kekalahan timnya di Etihad Stadium. Clattenburg mendukung tudingan Wenger karena menilai Silva memang sudah berada di posisi offside.

“Wenger sebenarnya lebih banyak punya pembenaran karena terganggu dengan gol ketiga Manchester City Sebagai seorang wasit yang berada di pinggir lapangan, saya sudah berpikir itu jelas offside sejak pertama kali melihatnya,” ucap Mark Clattenburg yang saat ini menjadi Ketua Komite Wasit Federasi Sepak Bola Arab Saudi itu.

Kemenangan atas Arsenal membuat Manchester City semakin kukuh di puncak klasemen sementara Premier League 20172018 dengan raihan 31 poin. Klub asuhan Pep Guardiola itu unggul delapan angka dari Manchester United dan Tottenham Hotspur sebagai pesaing terdekat di papan klasemen.