Rekrutan Anyar Liverpool Dibela Klopp

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp membela pemain yang baru didatangkannya pada bursa transfer musim dingin 2018, Virgil van Dijk, dari kritikan. Klopp menilai Van Dijk belum tampil sempurna karena membutuhkan waktu beradaptasi.

Van Dijk didatangkan Liverpool dari Southampton pada bursa transfer Januari 2018. Untuk mendaratkan bek berpaspor Belanda itu, Liverpool mengeluarkan 71 juta pounds atau setara Rp1,35 triliun. Bek berusia 26 tahun itu pun saat ini berstatus sebagai bek termahal di dunia.

Harga tinggi yang dikeluarkan Liverpool membuat ekspektasi terhadap Van Dijk sangat besar. Di laga debutnya berseragam Liverpool, mantan palang pintu Glasgow Celtic itu membuat start sempurna. Ia mencetak gol kemenangan Liverpool saat mengalahkan Everton 2-1 di babak 64 besar Piala FA 2017-2018.

Namun, dalam tiga laga setelahnya ketika Van Dijk mentas sebagai starter, gawang Liverpool kemasukan enam gol! Bahkan pada ketiga laga itu Liverpool takluk 0-1 dari Swansea City, West Bromwich Albion (2-3) serta imbang 2-2 kontra Tottenham Hotspur. Hasil-hasil tersebut membuat Liverpool dinilai melakukan kesalahan telah mendatangkan Van Dijk.

Akan tetapi dalam empat laga setelahnya, Van Dijk membuat pertahanan Liverpool sulit ditembus. Dalam periode tersebut, Liverpool selalu menang dan hanya kemasukan satu kali. Saat itu Liverpool mengalahkan Southampton 2-0, FC Porto (5-0), West Ham United (4-1) dan Newcastle United (2-0).

Bahkan di laga kontra Newcastle, Van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik, versi laman statistik whoscored. Di laga tersebut, Van Dijk tercatat memenangi tujuh duel udara, mencetak tiga tekel dan membuat umpan tepat sasaran mencapai 90%. Karena itulah, Klopp enggan mengkritik Van Dijk, mengingat palang pintu Tim Nasional (Timnas) Belanda itu sudah menunjukkan kelasnya.

“Van Dijk belum tampil sempurna, mengingat ia tidak bergabung pada bursa transfer musim panas 2017. Seperti pemain lainnya, semuanya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Saya yakin Van Dijk akan berkembang sebagai personal maupun pemain,” kata Klopp mengutip dari BT Sport, Jumat (9/3/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *